Ini yang Terjadi Pada Otak Manusia Sesaat Setelah Meninggal Dunia

Jum'at, 04 Maret 2022 - 11:05 WIB
loading...
Ini yang Terjadi Pada Otak Manusia Sesaat Setelah Meninggal Dunia
Otak manusia tetap bekerja sesaat setelah mereka menghembuskan nafas terakhir. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Ilmuwan menemukan bahwa pikiran manusia tetap bisa bekerja di otak manusia yang sekarat. Bahkan, setelah mereka meninggal dunia, dimana darah telah berhenti mengalir ke otak.

Para peneliti berhasil merekam aktivitas otak orang yang sedang mengalami sakaratul maut. Itu, dilakukan secara tidak sengaja terhadap seorang pasien epilepsi berusia 87 tahun yang tiba-tiba meninggal dunia saat sedang dipantau gelombang otaknya.

Selama penelitian, pasien mengalami serangan jantung dan meninggal. Gara-gara situasi unik itu, ilmuwan mendapatkan informasi baru terhadap bagaimana otak bereaksi pada saat sakaratul maut dan menghadapi kematian.

Memutar Ulang Ingatan Penting
Penelitian itu memang tidak dirancang khusus untuk merekam otak manusia yang sekarat. Tapi, cukup banyak informasi yang di dapat.
Para peneliti mencatat sekitar 15 menit aktivitas otak saat jantung berhenti berdetak.

Namun, untuk melihat bagaimana otak bereaksi saat kematian, mereka memusatkan perhatian pada dua interval 30 detik di sekitar waktu saat jantung berhenti.

Dalam pemeriksaan, peneliti menemukan osilasi gamma dalam rekaman otak pasien.

Osilasi gamma adalah gelombang otak yang kita kaitkan dengan mimpi, pengambilan memori, dan meditasi.

Berdasarkan apa yang mereka lihat dalam rekaman, para peneliti mengatakan bahwa otak sebenarnya dapat memainkan ingatan peristiwa penting dalam hidup kita ketika kita mati.

Ini adalah konsep yang menarik, dan yang telah dipercaya banyak orang selama bertahun-tahun. Dan konsep tersebut akhirnya divalidasi oleh penelitian ilmiah.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3051 seconds (0.1#10.140)