Ini Zat Radioaktif Berbahaya yang Ada di Reaktor Nuklir

Senin, 07 Maret 2022 - 15:03 WIB
loading...
A A A
Sedangkan limbah radioaktif tingkat tinggi meliputi bahan bakar reaktor bekas dan limbah yang tersisa setelah bahan bakar bekas diproses ulang. Bahan bakar nuklir bekas sangat radioaktif dan disimpan di kolam atau wadah yang dirancang khusus.

Tidak ada tempat pembuangan sampah tingkat tinggi yang dirancang untuk penyimpanan permanen jangka panjang di Amerika Serikat. Limbah radioaktif tingkat tinggi harus disimpan di lokasi di setiap pembangkit listrik tenaga nuklir.

Jika tubuh manusia terpapar radioaktif biasanya akan mengalami sindrom radiasi akut (ARS). Ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.



Dikutip dari situs Alo Dokter, tingkat keparahan dan gejala yang timbul tergantung pada seberapa besar radiasi nuklir yang terserap oleh tubuh. Tanda dan gejala keracunan radiasi nuklir mungkin tidak segera muncul saat tubuh terpapar radiasi nuklir dalam jumlah besar.

Gejala mungkin baru akan muncul dalam waktu beberapa jam hingga berminggu-minggu setelah terpapar radiasi. Berikut gejala terkena radiasi nuklir, seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, demam, pusing, kelelahan, rambut rontok, muntah darah, luka, lepuhan, dan peradangan di berbagai bagian tubuh.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)