Kereta Api Lapis Baja Rusia Terobos Ukraina, Bawa Senjata Mematikan dan Logistik Pasukan

Rabu, 09 Maret 2022 - 07:45 WIB
loading...
Kereta Api Lapis Baja Rusia Terobos Ukraina, Bawa Senjata Mematikan dan Logistik Pasukan
Rusia dilaporkan sudah mengerahkan kereta api perang lapis baja dalam pertempuran dengan Ukraina. Foto/The War Zone
A A A
KIEV - Rusia dilaporkan sudah mengerahkan kereta api perang lapis baja dalam pertempuran dengan Ukraina. Kereta api perang lapis baja ini dibekali sepasang meriam otomatis 23 mm laras ganda ZU-23, yang mampu merontokan pesawat terbang yang melayang rendah dan target di darat.

Dalam video yang muncul di media sosial menunjukkan kereta api perang lapis baja ini tiba di kota Melitopol, Ukraina selatan, setelah berangkat dari halaman di Semenanjung Krimea. Tidak jelas persis di mana atau kapan video ini diambil.

Kereta api lapis baja itu diberi tanda "Z" yang digunakan beberapa pasukan Rusia untuk tujuan identifikasi selama operasi di Ukraina. Tanda Z dan simbol lainnya mulai muncul di kendaraan militer Rusia yang dipentaskan di sekitar perbatasan negara dengan Ukraina menjelang invasi.



Dari video, kereta api perang lapis baja ini memiliki dua lokomotif diesel dan delapan gerbong dengan berbagai jenis. Lokomotif utama terjepit di antara dua gerbong khusus lapis baja.

Dengan gerbong di belakang dipersenjatai sepasang meriam otomatis 23mm laras ganda ZU-23. Senjata ini dapat digunakan untuk melawan pesawat terbang rendah dan target di darat.

Di belakangnya ada gerbong membawa mobil penumpang, mobil flatbed, dua gerbong lapis baja lagi, lokomotif kedua, dan flatbed lain yang tertinggal di ujung. Flatbed di tengah tampaknya membawa kargo besar yang tersembunyi, sementara yang di ujung terlihat kosong.



Resolusi video membuat sulit untuk mengetahui jenis muatan apa yang dibawa mobil utama, tetapi mungkin kendaraan dari beberapa jenis, yang dapat memberikan daya tembak dari berbagai jenis.
Kereta Api Lapis Baja Rusia Terobos Ukraina, Bawa Senjata Mematikan dan Logistik Pasukan


Tidak jelas berapa banyak dari kereta ini, yang awalnya dioperasikan selama era Soviet, telah dioperasikan Rusia hari ini. Setidaknya sudah empat kereta api digunakan dalam peperangan pada periode pasca-Soviet, yaitu konflik di Chechyna dan Georgia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2859 seconds (0.1#10.140)