Genset Darurat Tak Bisa Diandalkan, Radiasi Nuklir Berpotensi Ancam Eropa

Jum'at, 11 Maret 2022 - 10:35 WIB
loading...
A A A
Tanpa listrik, para ahli khawatir sistem ventilasi pabrik juga akan berhenti bekerja, yang selanjutnya membuat personel Chernobyl terpapar radiasi dosis berbahaya.

Akibatnya, Kuleba menyerukan gencatan senjata segera oleh Rusia untuk memungkinkan tim insinyur memasuki pabrik Chernobyl untuk memulihkan saluran listrik utama.

Sementara itu, pengawas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Badan Energi Atom Internasional, mengatakan Rusia telah melanggar pilar keamanan utama dalam memastikan pasokan listrik tidak terputus.

Namun, badan tersebut menambahkan sejauh ini, belum ada dampak kritis terhadap keselamatan, sehingga mengurangi kekhawatiran tentang kebocoran radiasi.

“Beban panas kolam penyimpanan bahan bakar bekas dan volume air pendingin yang terkandung di dalam kolam cukup untuk mempertahankan pembuangan panas yang efektif tanpa memerlukan pasokan listrik,” katanya.

Pihak berwenang Ukraina mengklaim bahwa staf di pabrik Chernobyl disandera dan ditawan di pabrik dalam kondisi kritis setelah pasukan Rusia mengambil alih fasilitas itu bulan lalu.

Mereka dikatakan telah dipaksa bekerja 13 hari tanpa henti, yang menambah kekhawatiran atas masalah keamanan.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)