Misteri Ruang Tersembunyi dalam Piramida Giza Terungkap, Bikin Penasaran Ilmuwan

Selasa, 15 Maret 2022 - 08:28 WIB
loading...
Misteri Ruang Tersembunyi dalam Piramida Giza Terungkap, Bikin Penasaran Ilmuwan
Pemindaian menggunakan sinar kosmik baru yang sangat kuat pada Piramida Agung Giza, mengungkap adanya ruang pemakaman tersembunyi. Foto/Live Science/ScanPyramids mission
A A A
KAIRO - Misteri besar yang tersembunyi dalam bangunan Piramida Agung Giza perlahan mulai terungkap oleh para ilmuwan. Diketahui ada 2 rongga misterius di dalam Piramida setelah dilakukan pemindaian dengan sinar kosmik yang sangat kuat.

Pemindaian menggunakan sinar kosmik baru yang sangat kuat pada Piramida Agung Giza, mengungkap adanya ruang pemakaman tersembunyi. Ini merupakan rahasia besar yang masih mesterius dan belum terungkap selama 4.500 tahun.

Detektor sangat sensitif, para peneliti menunjukkan, mereka bahkan mungkin mengungkapkan keberadaan artefak di dalam rongga. Jika "beberapa meter kubik diisi dengan bahan [seperti tembikar, logam, batu atau kayu], kita harus dapat membedakannya dari udara," Alan Bross, seorang ilmuwan di Fermi National Accelerator Laboratory kepada Live Science dikutip SINDOnews, Selasa (15/3/2022).



Dua rongga misterius itu, yang berukuran paling besar terletak tepat di atas galeri besar, lorong yang mengarah ke kamar yang diduga tempat pemakaman Firaun Khufu. Rongga itu memiliki panjang sekitar 30 meter dan tinggi 6 meter.

Para arkeolog tidak yakin apa yang akan mereka temukan pada rongga yang hampa, dan ang bisa berupa satu area besar atau beberapa ruangan kecil. Mereka juga berharap dapat mengetahui fungsi dari rongga kosong itu.

Kemungkinan yang paling fantastis adalah ruang pemakaman tersembunyi Firaun Khufu. Kemungkinan lain yang biasa ditemukan, rongga itu punya beberapa peran penting dalam pembangunan piramida.

Pemindaian sebelumnya juga mengungkapkan kekosongan rongga kedua yang jauh lebih kecil. Tepat di luar sisi utara piramida dan fungsinya juga belum diketahui jelas.


Misteri Ruang Tersembunyi dalam Piramida Giza Terungkap, Bikin Penasaran Ilmuwan


Piramida Agung Giza dibangun untuk Firaun Khufu (memerintah sekitar tahun 2551 SM hingga 2528 SM). Piramida Agung Giza adalah piramida terbesar yang pernah dibangun di Mesir kuno dan merupakan satu-satunya keajaiban dunia kuno yang masih ada.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3682 seconds (0.1#10.140)