Misteri Ruang Tersembunyi dalam Piramida Giza Terungkap, Bikin Penasaran Ilmuwan

Selasa, 15 Maret 2022 - 08:28 WIB
loading...
A A A
Antara tahun 2015 dan 2017, proyek "Pindai Piramida" menjalankan serangkaian pemindaian yang menganalisis Muon, partikel kosmik yang secara teratur jatuh di Bumi, untuk mendeteksi rongga apa saja. Pemindaian itu mengungkapkan kedua rongga itu pada tahun 2017.

Sekarang, tim baru berencana untuk memindai Piramida Besar lagi, tetapi kali ini dengan sistem yang lebih kuat yang akan menganalisis muon secara lebih rinci. Muon adalah partikel elementer bermuatan negatif yang terbentuk ketika sinar kosmik bertabrakan dengan atom di atmosfer bumi.



Partikel berenergi tinggi ini terus menghujani Bumi (tidak berbahaya); karena berperilaku berbeda ketika berinteraksi dengan batu versus udara. Peneliti dapat menggunakan detektor super sensitif untuk menentukan partikel dan memetakan area yang tidak dapat mereka jelajahi secara fisik, seperti pada Piramida Besar.

"Kami berencana untuk membuat sistem teleskop yang memiliki sensitivitas hingga 100 kali lebih tinggi dari peralatan yang baru-baru ini digunakan di Piramida Besar," tulis tim ilmuwan dalam makalah pracetak yang diterbitkan di server pracetak di arXiv.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1989 seconds (0.1#10.140)