Ini Rahasia Mengapa Hiu Megalodon Bisa Berukuran Raksasa

Kamis, 17 Maret 2022 - 10:44 WIB
loading...
A A A
Ini Rahasia Mengapa Hiu Megalodon Bisa Berukuran Raksasa


Dalam penelitian itu Kenshu Shimada dan rekan-rekannya melakukan penelusuran pada fosil gigi sembilan megalodon yang ditemukan di Amerika Serikat, Panama, Peru, Chili, dan Spanyol. Untuk mendapatkan gambaran akurat tentang perairan tempat mereka tinggal, mereka berupaya mengetahui perubahan suhu lautan dari waktu ke waktu.

Setelah menyesuaikan waktu dan suhu laut, mereka mengamati bahwa megalodon yang lebih besar tampaknya terkonsentrasi di garis lintang yang lebih tinggi, sementara yang lebih kecil berkumpul di dekat khatulistiwa. “Yang membuat kami terkejut adalah fakta bahwa kesimpulan yang sama masih bisa ditarik dari penelitian sebelumnya jika suhu permukaan laut purba berbasis garis lintang dipertimbangkan,” catat Kenshu Shimada.

Jadi intinya semakin dingin tempat hiu megalodon tinggal maka semakin tinggi potensi ukuran tubuhnya membesar. Jadi memang tidak semua megalodon akan menjadi sebesar raksasa.

"Studi kami menunjukkan bahwa tidak semua individu tumbuh dengan ukuran yang sama besar, tetapi ukuran tubuh maksimal mereka tergantung dimana mereka tinggal,” kata Kenshu Shimada.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2409 seconds (0.1#10.140)