Terungkap, Hiu Tidur Hanya 5 Menit dengan Posisi Telentang

Kamis, 17 Maret 2022 - 19:21 WIB
loading...
Terungkap, Hiu Tidur Hanya 5 Menit dengan Posisi Telentang
Berbeda dengan kebiasaan tidur hewan laut lain, Hiu hanya tidur sejenak, bahkan hanya beberapa kedipan mata saja. Foto/ccsc
A A A
BURNABY - Sebagai predator ganas di lautan ikan Hiu punya reputasi pemburu yang paling aktif. Bahkan ada mitos Hiu tidak pernah tidur karena jika tidak bergerak bisa menyebabkan kematian.

Mike Kelly, peneliti dari Universitas Simon Fraser, Burnaby, British Columbia, Kanada, untuk pertama kali menemukan bukti fisiologis pertama bahwa Hiu juga tidur. Berbeda dengan kebiasaan tidur hewan laut lain, Hiu hanya tidur sejenak, bahkan hanya beberapa kedipan mata saja.

Penemuan fakta ini diterbitkan minggu ini di Biology Letters. Kelly dan peneliti mengamati Hiu selama 24 jam dengan melacak tingkat metabolisme dan perilaku selama berenang, istirahat, dan periode tidur.

Baca juga; Mengapa Cara Berenang Hiu dan Paus Berbeda?

Penelitian ini menemukan bahwa Hiu menghasilkan tingkat metabolisme yang lebih rendah dan postur tubuh telentang ketika tidak aktif selama lebih dari lima menit. Fakta ini mendukung gagasan bahwa Hiu menghemat energi dengan tidur.

"Hiu menunjukkan penurunan dramatis dalam tingkat metabolisme mereka dan perubahan postur yang jelas setelah lima menit tidak aktif. Ini menunjukkan pemisahan yang jelas antara periode terjaga dan tidur yang tenang," kata Kelly dikutip SINDOnews dari laman Sciencedaily, Kamis (17/3/2022).

Meskipun diketahui bahwa banyak hewan tidur, termasuk spesies ikan bertulang, Kelly mengatakan penelitian tersebut memberikan bukti fisiologis pertama tentang tidur di antara spesies elasmobranch, kelompok ikan yang mencakup hiu, dan pari.

Baca juga; Anjing Laut Macan Tutul Terbukti Mampu Memangsa Ikan Hiu

Kelly sebelumnya mempelajari perilaku tidur di antara buaya untuk tesis Honors-nya di Universitas La Trobe Australia. Penelitian - yang menemukan bahwa makhluk ini kemungkinan tidur dengan satu mata terbuka - kemudian diterbitkan dalam Journal of Experimental Biology.

Selain penelitian tidur dengan Hiu, yang dimulai sebagai tesis PhD-nya di University of Western Australia, Kelly telah menjadi ahli dalam ritme sirkadian dan perilaku tidur banyak spesies ikan lainnya dan telah memperluas penelitiannya untuk memasukkan perilaku gurita. .

"Saya menemukan cara terbaik untuk mengatasi teror saya terhadap makhluk-makhluk laut dalam ini adalah dengan lebih dekat dengan mereka. Lagi pula, lebih baik berada di dekat mereka saat mereka tidur daripada saat mereka siap memberi makan!" kata Kelly.

Mike Kelly dikenal sebagai ahli fisiologi tidur komparatif dan peneliti postdoctoral di Circadian Rhythms and Sleep Lab dan Translational Neuroscience Lab. Dia mempelajari tanda-tanda metabolik dari indikator tidur dan perilaku tidur Hiu.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1937 seconds (11.210#12.26)