Kegunaan Lain dari Teknologi Nuklir, Mulai dari Pembangkit Listrik Sampai Medis

Minggu, 20 Maret 2022 - 14:22 WIB
loading...
Kegunaan Lain dari Teknologi Nuklir, Mulai dari Pembangkit Listrik Sampai Medis
Energi nuklir dianggap sebagai salah satu sumber energi yang paling ramah lingkungan karena menghasilkan lebih sedikit emisi gas rumah kaca. Foto/Wikimedia
A A A
JAKARTA - Energi nuklir adalah energi yang dilepaskan melalui reaksi berantai, khususnya melalui proses fisi atau fusi nuklir di dalam reaktor . Sumber bahan bakar yang digunakan untuk menghasilkan energi nuklir adalah uranium.

Energi nuklir dianggap sebagai salah satu sumber energi yang paling ramah lingkungan karena menghasilkan lebih sedikit emisi gas rumah kaca. Dikutip dari laman eia.gov, ada sejumlah kegunaan lain yang bermanfaat untuk teknologi nuklir, yaitu pembangkit listrik, pertanian, medis, dan eksplorasi ruang angkasa.

Pembangkit Listrik
Kegunaan Lain dari Teknologi Nuklir, Mulai dari Pembangkit Listrik Sampai Medis


Pembangkit listrik tenaga nuklir menggunakan bahan bakar uranium melalui proses pengayaan melalui proses yang disebut fisi, yaitu pemecahan atom uranium dalam reaktor nuklir. Energi yang dihasilkan digunakan untuk merebus air dan membuat uap yang digunakan untuk memutar turbin yang menghasilkan listrik.



Pertanian dan Pangan
Di banyak bagian dunia, pekerja pertanian menggunakan radiasi untuk mencegah serangga berbahaya berkembang biak. Ketika serangga tidak dapat memiliki keturunan, populasinya menurun. Dengan mengurangi jumlah hama dan serangga berarti melindungi tanaman dan menyediakan lebih banyak makanan bagi dunia.

Iradiasi juga membunuh bakteri dan organisme berbahaya lainnya dalam makanan. Jenis sterilisasi ini terjadi tanpa membuat makanan menjadi radioaktif atau secara signifikan mempengaruhi nilai gizi. Faktanya, iradiasi adalah satu-satunya cara untuk membunuh bakteri dalam makanan mentah dan beku secara efektif.



Medis
Kegunaan Lain dari Teknologi Nuklir, Mulai dari Pembangkit Listrik Sampai Medis


Teknologi nuklir memberikan gambaran di dalam tubuh manusia dan dapat membantu mengobati penyakit. Sebagai contoh, penelitian nuklir telah memungkinkan para dokter untuk memprediksi secara tepat jumlah radiasi yang dibutuhkan untuk membunuh tumor kanker tanpa merusak sel-sel sehat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2759 seconds (0.1#10.140)