10 Racun Paling Mematikan di Dunia, Nomor 9 Bikin Korbannya Sangat Menderita

Senin, 21 Maret 2022 - 13:30 WIB
loading...
10 Racun Paling Mematikan di Dunia, Nomor 9 Bikin Korbannya Sangat Menderita
Racun paling mematikan di dunia ini merupakan senyawa kimia yang sangat toksik atau berpotensi menimbulkan efek kematian. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Racun paling mematikan di dunia telah digunakan sebagai alat untuk pembunuhan massal, upaya bunuh diri, dan sebagai senjata perang. Racun paling mematikan di dunia ini merupakan senyawa kimia yang sangat toksik atau berpotensi menimbulkan efek kematian.

Bahkan racun paling mematikan di dunia ini merupakan jenis racun yang paling cepat aktif dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan kematian dalam waktu beberapa menit (akut).

Masing-masing racun ini mempunyai bentuk dan kecepatan aktif (toksisitas) yang berbeda di dalam tubuh. Dilansir dari Wired, berikut 10 racun paling mematikan di dunia:



1. Botulinum

Para ahli sepakat bahwa botulinum beberapa kali lipat lebih mematikan daripada sarin. Jika anda menelan Botulinum sistem saraf Anda akan gagal dan Anda mati dalam kesakitan yang luar biasa.



2. Risin

Risin terbuat dari biji jarak. Jika risin tertelan atau terhirup maka akan menyebabkan kegagalan pernapasan dan organ, diikuti dengan kematian dalam beberapa jam.

3. Antraks

Jika kulit anda terkena paparan antraks maka dapat menyebabkan kematian, terlebih lagi jika antraks terhirup. Dimulai dengan flu yang tidak kunjung sembuh, kemudian sistem pernapasan Anda rusak.

4. Tetrodotoxin

Racun Tetrodotoxin dapat ditemukan di organ ikan buntal. Tetrodotoxin tetap ada bahkan setelah ikan dimasak. Jika racun tersebut dikonsumsi, kelumpuhan dan kematian bisa menyerang dalam waktu enam jam. Hingga lima orang Jepang meninggal karena ikan buntal yang disajikan dengan buruk.



5. Sianida

Sianida ada di alam dan mudah dibuat. Sianida dapat ditemukan dalam berbagai macam zat seperti almond, biji apel, aprikot kernel, asap tembakau, insektisida, pestisida dan masih banyak yang lainnya.

Paparan sianida menyebabkan kejang, serangan jantung, dan kematian dalam beberapa menit. Sianida sangat dikenal sehingga banyak digunakan sebagai racun pembunuh. Sianida juga dapat menjadi pembunuh yang cepat, tergantung pada dosis yang digunakan.

6. Merkuri

Tingkat merkuri yang rendah tidak terlalu beracun bagi orang dewasa. Namun, uap merkuri yang dihirup (logam mulai berubah menjadi gas) menyerang otak dan paru-paru, sehingga mematikan sistem saraf pusat.

7. Strychnine

Strychnine tidak beracun seperti racun lain, tetapi ia dapat menyebabkan salah satu kematian paling mengerikan dari semua jenis racun. Setiap otot di tubuh Anda kejang hebat sampai Anda mati karena kelelahan.

8. Sarin

Sarin adalah salah satu racun paling mematikan di dunia . Ratusan kali lebih beracun daripada sianida. Jika racun sarin terhirup maka mulut Anda akan berbusa, jatuh koma, dan mati. Awalnya disintesis untuk digunakan sebagai pestisida.



9. Amatoxin

Racun amatoxin menghancurkan hati dan ginjal Anda selama beberapa hari. Anda tetap sadar dalam rasa sakit yang luar biasa, kemudian Anda mengalami koma dan meninggal.

10. Compound 1080

Compound 1080 dikenal sebagai racun hewan. Racun ini tidak berbau, tidak berasa, larut dalam air. Compound 1080 menghambat metabolisme sel, menyebabkan kematian yang cepat dan menyakitkan.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)