Ini Alasan Beruang Kutub Tidak Ditemukan di Antartika

Selasa, 22 Maret 2022 - 17:55 WIB
loading...
A A A
Khusus untuk beruang kutub, tidak pernah ada waktu dalam sejarah evolusi mereka ketika kutub Utara dan Selatan dihubungkan oleh es (atau daratan). Orang mengatakan beruang kutub adalah karnivora darat terbesar di dunia, “namun mereka sama sekali bukan spesies darat," kata Derocher.

Derocher menambahkan, beruang kutub putih besar hidup di es laut hampir sepanjang hidup mereka dan hanya sesekali datang ke darat untuk berkembang biak. Beruang kutub, secara evolusi, adalah spesies yang relatif muda.

Mereka berevolusi dari nenek moyang yang sama dari beruang coklat (Ursus arctos) sekitar 5 juta dan 500.000 tahun yang lalu. Tetapi bahkan 5 juta tahun yang lalu, benua berada di posisi yang sama dengan tempat mereka sekarang, jadi beruang kutub tidak pernah mendapat kesempatan untuk melakukan perjalanan dari kutub ke kutub.

Daratan terdekat dengan Antartika adalah ujung selatan Amerika Selatan, yang meliputi Cile dan Argentina. Untuk sampai ke Antartika, beruang kutub harus menyeberangi Jalur Drake yang berbahaya. Daerah ini juga dikenal dengan badai yang kuat dan laut yang ganas karena air dingin dari selatan mengalir ke air hangat dari utara.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)