Sejarah Senjata di Zaman Manusia Purba

Senin, 28 Maret 2022 - 22:30 WIB
loading...
A A A
Kapak persegi masif digunakan pada masa neolitikum. Ahli prasejarah asal Austria Robert Von Heine Geldren adalah orang pertama yang memberi julukan kapak persegi.

Hal itu ia kemukakan usai menemukan kapak-kapak dengan bentuk persegi panjang pada bagian lintang atasnya. Kapak ini banyak ditemukan di Sumatera, Bali, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara.

Dalam artikel bertajuk ‘Menelusuri Jejak-Jejak Masa Lalu Indonesia’ disebutkan, kapak persegi terdiri atas 2 ukuran. Ukuran besar biasa disebut beliung dan memiliki fungsi sebagai alat cangkul.

Sedangkan kapak persegi dengan ukuran yang lebih kecil lazim disebut sebagai tarah atau tata. Fungsi kapak persegi kecil ini adalah untuk memahat.

3. Senjata Kapak Lonjong

Selain kapak genggam dan kapak persegi, kapak lonjong juga merupakan alat atau senjata yang digunakan pada masa manusia purba.

Buku modul pembelajaran milik Kemendikbud ‘Sejarah Indonesia’ menyebutkan bahwa kapak lonjong adalah hasil kebudayaan yang paling terkenal di masa neolitikum.

Kapak ini terbuat dari batu berbentuk lonjong dan sudah diasah agar halus. Namun, sebagian besar kapak ini terbuat dari batu kali dengan warna kehitam-hitaman. Fungsinya, sebagai alat untuk menebang pohon.

Berbagai sumber juga menyebut, kapak ini biasa digunakan untuk memotong kayu dan berburu. Kapak lonjong ditemukan di wilayah Indonesia Timur, seperti Irian, Minahasa, dan Seram.

4. Senjata Busur dan Anak Panah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1942 seconds (0.1#10.140)