Membahayakan Eropa, Ukraina Desak PBB untuk Amankan PLTN Chernobyl

Selasa, 29 Maret 2022 - 10:27 WIB
loading...
Membahayakan Eropa, Ukraina Desak PBB untuk Amankan PLTN Chernobyl
PLTN Chernobyl di Ukraina. FOTO/ IST
A A A
KIEV - Sangat membahayakan Eropa, Ukraina mendesak PBB mengambil tindakan untuk menghentikan aktivitas militer Rusia di zona pengecualian di sekitar pembangkit listrik Nuklir Chernobyl.



"Kami menuntut Dewan Keamanan PBB untuk mengambil langkah-langkah segera untuk menghentikan kegiatan militer di zona pengecualian NPP Chernobyl dan mendirikan pasukan khusus PBB untuk menghindari peristiwa berulang," tutur Wakil Perdana Menteri Ukraina, Iryna Vereshchuk seperti dilansir dari Xinhua

Pabrik nuklir Chernobyl, sekitar 110 kilometer utara Kyiv, telah mengalami tragedi kecelakaan nuklir terburuk dalam sejarah manusia pada 26 April 1986.

Saat ini, ada risiko kerusakan pada struktur konstruksi yang dibangun di sekitar unit tenaga nuklir nomor empat Chernobyl karena serangan dan sejumlah besar peluru membentuk area, menambahkan Vereshchuk.

Petugas Investigasi Ukraina Lyudmyla Denisova pada hari Minggu mengatakan bahwa kebakaran hutan juga terjadi di sekitar NPP Chernobyl mencakup lebih dari 10.000 hektar.

Petugas pemadam kebakaran Ukraina tidak dapat memasuki daerah yang dikendalikan oleh militer Rusia, tambah Denisova.

Pada 24 Februari, Penasihat Presiden Ukraina, Mykhailo Podoliak mengatakan tentara Rusia telah menyita pembangkit listrik tenaga nuklir .
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)