Ini Perbandingan F-16 Amerika vs MiG-29 Rusia, Mana Lebih Unggul?

Kamis, 31 Maret 2022 - 12:04 WIB
loading...
A A A
F-16 menggunakan radar AESA AN / APG-80, yang menurut standar internasional yang diterima untuk peralatan militer dinilai sangat baik. MiG Rusia menggunakan radar Phazotron Zhuk AE AESA, yang dinilai sangat baik dengan standar yang sama.

Perbedaan utama berasal dari fakta bahwa radar Rusia adalah Array Kemudi Elektronik Aktif Rusia pertama dan mereka belum menguasai dan mengembangkan teknologi ini ke tingkat pesaing Amerika.



Radar Rusia menggunakan saluran transmisi quad-channel berpendingin cairan dengan kepadatan lebih rendah, teknologi pengemasan modul yang sebanding dengan desain AESA AS generasi pertama.

Pada saat yang sama, Amerika terus meningkatkan dan meningkatkan AN / APG-80 AESA mereka, baik untuk kebutuhan Angkatan Udara AS maupun mitra mereka di seluruh dunia.

Jika Rusia sekarang baru mengenal teknologi ini, Amerika sudah beberapa putaran di depan mereka. Secara realistis, indikatornya mendukung Rusia, tetapi pemenang dalam kategori ini adalah F-16 karena peningkatan terus-menerus dari sistem radar tersebut.

4. Persenjataan

Pada kenyataannya, sangat sulit dan hampir tidak mungkin untuk membandingkan persenjataan kedua pesawat karena satu alasan. Karena hasil akhir dalam setiap pertempuran udara tergantung pada kemampuan pilot, bukan pada karakteristik apa pun.

Namun jika dibandingkan senjata utama yang digunakan, F-16 dilengkapi dengan Meriam Vulcan M61A1 dan memiliki kecepatan tembak 6000 rpm. Sedangkan pesawat Rusia dilengkapi dengan Meriam GSh-30-1 dan memiliki kecepatan tembak 1800 rpm.

Selain itu, kecepatan moncong MiG Rusia adalah 800 m/s, sedangkan F-16 hanya 1050 m/s. Dalam kategori ini sulit untuk menentukan pemenang karena hasil akhir tergantung dari kemampuan pilot. Namun, karena karakteristik penting dari senjata utama, F-16 lebih unggul.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2173 seconds (0.1#10.140)