5 Negara Penghasil Vaksin Covid-19

Minggu, 03 April 2022 - 15:19 WIB
loading...
A A A
Inggris merupakan salah satu negara penghasil vaksin Covid-19. Vaksin AstraZeneca atau Oxford-AstraZeneca merupakan vaksin yang diproduksi perusahaan biofarmasi asal Inggris bersama Universitas Oxford. Vaksin ini merupakan tipe vaksin viral vector yang memanfaatkan adenovirus simpanse (yang sudah dilemahkan sehingga tidak berbahaya), untuk mengantarkan protein spike dari Covid-19 ke dalam sel tubuh, sehingga membangun antibodi.

Secara keseluruhan, ffikasi dari vaksin AstraZeneca berada di angka 70%. Setelah memperoleh izin penggunaan darurat dari World Health Organization (WHO), vaksin ini didistribusikan ke berbagai negara seperti benua Eropa, Afrika, serta Asia seperti Vietnam, India, Malaysia, Filipina, Taiwan, Korea Selatan, dan Indonesia.

4. Rusia

Negara penghasil vaksin Covid-19 berikutnya adalah Rusia, negara ini menghasilkan vaksin Sputnik V yang dikembangkan Gamaleya Research Institute of Epidemiology and Microbiology.

Vaksin ini merupakan tipe vaksin viral vector yang memanfaatkan adenovirus nonaktif untuk mengantarkan protein spike dari Covid-19 ke dalam sel tubuh, sehingga membentuk antibodi.

Efikasi vaksin Sputnik V dilaporkan mencapai sekitar 96,1%. Dengan demikian, pemerintah Rusia mengizinkan vaksin Sputnik V untuk didistribusikan di Rusia dan beberapa negara lain seperti Belarusia, Serbia, Argentina, Palestina, Arab Saudi, Iran, Tunisia, dan Armenia.

Pada pertengahan Maret, vaksin ini juga diizinkan Philippines Food and Drug Administration (FDA) untuk menyasar negara-negara Asia seperti Filipina dan Vietnam.

5. China

China juga merupakan salah satu negara penghasil vaksin Covid-19 yakni Sinovac yang merupakan vaksin yang diproduksi perusahaan biofarmasi Cina, Sinovac BioTech. Vaksin ini merupakan tipe vaksin whole virus yang memanfaatkan virus SARS-CoV-2 nonaktif. Virus tersebut tidak lagi bisa menginfeksi tubuh, namun dapat membantu pembentukan imun dalam tubuh.

Dari beberapa negara yang telah melakukan uji coba, efikasi vaksin Sinovac memiliki berbagai angka. Dalam uji coba di Brazil, vaksin Sinovac memiliki efikasi sekitar 50,65%. Di Turki, efikasi vaksin Sinovac mencapai sekitar 91,25%. Sedangkan di Indonesia, efikasi vaksin Sinovac sekitar 65,3%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2331 seconds (0.1#10.140)