Selasa, 05 April 2022 - 05:32 WIB
Viral Video Biawak Masuk Rumah, Ini 8 Fakta tentang si Komodo Mini
Biawak air lumrah ditemui di perkotaan, karena biasa hidup di sekitar sungai atau saluran air. Foto: Wikipedia
JAKARTA - Video seekor biawak masuk rumah tengah viral di Twitter. Video darikamera CCTV itu memperlihatkan seekor biawak melenggang dengan santainya ke dalam rumah nyaris tanpa diketahui anggota keluarga yang sedang bersantai.

Biawak tersebut berjarak tidak sampai 1 meter, sebelum diketahui putri anggota keluarga tersebut yang berteriak panik. Untungnya, biawak tersebut akhirnya bisa diusir keluar rumah tanpa kendala.

Viral Video Biawak Masuk Rumah, Ini 8 Fakta tentang si Komodo Mini

Video yang dibagikan oleh akun @bagihumor tersebut telah ditonton lebih dari 600.000 kali. Sebagian warganet juga membagikan cerita bagaimana rumah mereka dimasuki biawak.

”Rumah sudah pernah dimasuki biawak 3x. Yang ketiga panjangnya 1 meter, jatuh dari ventilasi atas dapur. Langsung turun dan masuk ke belakang kulkas rumah,” ujar pemilik akun @nanovond.

Warganet lainnya juga mengatakan bahwa biawak acap ditangkap dan bahkan dijadikan santapan. ”Kampung sebelah saya senang sekali makan biawak. Apalagi, kalau malam tahun baru. Mereka bakar-bakaran daging biawak. Katanya enak, lebih lembut dari daging ayam,” ujar @zraaay.

Mengapa biawak bisa masuk ke dalam rumah? Apakah berbahaya? Berikut8 fakta tentang biawak:

1. Sangat Berbeda dengan Buaya
Sama-sama reptil, tapi biawak berbeda dengan buaya. Biawak adalah sebangsa reptil yang masuk ke dalam golongan kadal besar, suku biawak-biawakan (Varanidae). Komodo alias Varanus komodoensis termasuk di dalamnya. Maka, secara teknis, komodo merupakan salah satu spesies biawak. Genus Varanus memiliki lima puluh spesies. Selain komodo, beberapa spesies yang juga berukuran besar, yaitu biawak air (Varanus salvator) yang mencapai panjang 2,7 meter.

2. Tempat Hidup
Buaya menghuni habitat perairan tawar seperti sungai, danau, rawa dan lahan basah. Sedangkan biawak menghuni tepi-tepi sungai atau saluran air, tepian danau, pantai, dan rawa-rawa termasuk rawa bakau.

3. Hidup Berdekatan dengan Manusia
Viral Video Biawak Masuk Rumah, Ini 8 Fakta tentang si Komodo Mini

Di daerah perkotaan, biawak kerap ditemukan di gorong-gorong saluran air yang bermuara ke sungai. Wajar, jika kemudian biawak bisa masuk ke rumah.

4. Makanan
Kebanyakan biawak merupakan karnivor sejati. Mereka memangsa aneka serangga, ketam atau yuyu, berbagai jenis kodok, ikan, kadal, burung, serta mamalia kecil seperti tikus dan cerurut. Biawak juga memakan bangkai, telur kura-kura, penyu atau buaya.

5. Pandai Memanjat
Biawak sangat pandai memanjat dan berenang. Di hutan bakau, biawak kerap mencuri telur atau memangsa anak burung. Biawak juga termasuk hewan pintar. Mereka mampu mengingat dengan baik tempat persembunyiannya.

6. Beda Nama
Nama-nama umum biawak di berbagai wilayah, yakni bayawak (Sunda), bajul, menyawak atau nyambik (Jawa), berekai (Madura), dan hora atau mbu (sebutan biawak Komodo oleh penduduk pulau Komodo dan pulau Rinca).