Ini Hewan yang Bisa Melihat dalam Gelap, Nomor 6 Paling Ditakuti Perempuan

Kamis, 07 April 2022 - 20:02 WIB
loading...
Ini Hewan yang Bisa Melihat dalam Gelap, Nomor 6 Paling Ditakuti Perempuan
Burung hantu adalah salah satu hewan yang bisa melihat dalam gelap dan aktif pada malam hari untuk berburu. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Banyak hewan yang bisa melihat dalam gelap, mereka aktif hampir secara eksklusif dalam kegelapan dengan mengandalkan penglihatan malam yang baik untuk berburu dan tetap aman dari pemangsa.

Faktanya, bagi banyak hewan nokturnal atau yang aktif di malam hari, penglihatan mereka jauh lebih baik daripada di siang hari.

Untuk membantu mereka bertahan hidup di kegelapan malam, hewan-hewan ini memiliki mata yang berbeda dengan mata manusia.

Hewan yang bisa melihat dalam gelap memiliki mata yang lebih besar daripada manusia, dan pupil mereka cenderung terbuka lebih lebar untuk membiarkan lebih banyak cahaya.

Selain fitur ini, banyak hewan yang bisa melihat dalam gelap memiliki lapisan di belakang retina mereka yang disebut tapetum, yang reflektif dan mengirimkan cahaya kembali ke retina.



Hewan nokturnal juga memiliki lebih banyak sel batang di matanya dibandingkan dengan manusia dan hewan lain yang aktif di siang hari. Sel batang ini berfungsi sebagai reseptor cahaya, mendeteksi gerakan dan informasi visual lainnya.

Tentu saja, hewan nokturnal tidak hanya mengandalkan penglihatan yang tajam. Banyak dari hewan ini juga memiliki indra yang tajam termasuk pendengaran dan penciuman.

Ini untuk membantu mereka berburu dan bepergian dalam kegelapan. Dilansir dari Wild Life in Former, berikut hewan yang bisa melihat dalam gelap:

1. Burung Hantu

Burung hantu beradaptasi dengan sangat baik untuk berburu di malam hari. Bulu mereka bahkan dirancang untuk memungkinkan mereka terbang dalam keheningan total.

Karena berburu dengan terbang keliling di malam hari, mereka membutuhkan penglihatan malam yang luar biasa. Kalau tidak, mereka akan melukai diri mereka sendiri dengan serius saat terbang ke pohon.

Mata mereka sangat besar untuk mengumpulkan cahaya sebanyak mungkin. Apa yang tidak diketahui banyak orang adalah bahwa mereka juga memiliki pendengaran yang sangat baik untuk menemukan mangsanya.



2. Kelelawar

Kelelawar mengandalkan penglihatan malam yang sangat baik. Kelelawar ini, seperti burung hantu, memiliki mata besar yang mengumpulkan cahaya sebanyak mungkin untuk memungkinkan mereka melihat dalam gelap.

3. Buaya

Buaya merupakan hewan yang bisa melihat dalam gelap. Mata mereka memiliki lapisan yang sangat reflektif di dalamnya yang memaksimalkan jumlah cahaya yang dapat dikumpulkan mata dan memungkinkan mereka untuk melihat dalam gelap.

4. Hiu

Mayoritas hiu aktif di malam hari, atau krepuskular (aktif saat fajar dan senja). Ini adalah jam berburu utama di laut, jadi wajar saja saat itulah predator puncak laut paling aktif. Ini juga berarti itu adalah waktu terburuk untuk berenang di pantai karena mereka sangat aktif di malam hari.



Hampir semua hiu memiliki penglihatan yang sangat baik dalam gelap. Hiu adalah predator yang sangat visual, tetapi itu bukan satu-satunya indra mereka. Selain indera penciuman yang tajam, hiu juga memiliki kemampuan untuk merasakan medan listrik.

5. Kucing

Kucing merupakan hewan yang bisa melihat dalam gelap. Siapa pun yang memiliki kucing tahu seberapa aktif mereka di malam hari. Kucing secara alami aktif di malam hari dengan berburu tikus.

Pupil mata mereka dapat terbuka sangat lebar untuk mengumpulkan banyak cahaya, dan mata mereka dirancang dengan sempurna untuk melihat dalam gelap. Bahkan, mereka mungkin memiliki penglihatan warna dalam gelap.



6. Kecoa

Kemampuan penglihatan kecoa di malam hari cukup luar biasa. Kecoa memiliki beberapa reseptor cahaya paling sensitif di dunia, yang berarti mereka dapat melihat dalam tingkat cahaya yang lebih rendah daripada hampir semua hal lainnya.

Penglihatan mereka mungkin tidak setajam spesies lain, tetapi memungkinkan mereka untuk hidup di tempat yang hampir tidak mendapat cahaya sama sekali, yang berarti mereka dapat bersembunyi dari pemangsa dan pembasmi.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)