Fosil Dinosaurus Korban Tumbukan Asteroid 66 Juta Tahun Lalu Ditemukan

Jum'at, 08 April 2022 - 13:35 WIB
loading...
Fosil Dinosaurus Korban Tumbukan Asteroid 66 Juta Tahun Lalu Ditemukan
Arkeolog menemukan fosil dinosaurus yang mati sekitar 66 juta tahun yang lalu ketika asteroid menghantam bumi. Foto/BBC/Ali Pares
A A A
DAKOTA - Arkeolog menemukan fosil dinosaurus yang mati sekitar 66 juta tahun yang lalu ketika asteroid menghantam bumi. Kaki Thescelosaurus itu robek setelah serangan asteroid yang memusnahkan sebagian besar spesies di Bumi.

Dilansir Daily Mail, Jumat (8/4/2022), sisa-sisa fosil dinosaurus itu adalah yang pertama tewas pada hari asteroid besar menghantam Bumi 66 juta tahun yang lalu.

Para ahli percaya, kaki Thescelosaurus itu lengkap dengan kulitnya, kemungkinan 'terpotong' ketika asteroid Chicxulub menghantam dan menyebabkan banjir bandang.

Makhluk itu diperkirakan telah terkubur usai asteroid menghantam bumi. Kaki fosilnya digali bersama serangkaian penemuan luar biasa di situs fosil Tanis di Negara Bagian Dakota Utara, AS.



Ahli paleontologi mengatakan itu adalah penemuan pertama korban dinosaurus dari serangan asteroid yang menyebabkan kawah tumbukan selebar 93 mil di tempat yang sekarang disebut Teluk Meksiko.

BACA : Fosil Kepala Monster di Lautan Ditemukan di Gurun Nevada

Mereka juga berpikir telah menemukan fragmen kecil dari batuan luar angkasa yang mengakhiri era dinosaurus dan menyebabkan munculnya mamalia.

Penemuan ini dilakukan oleh ahli paleontologi Universitas Manchester Robert DePalma di situs penggalian terkenal bernama Tanis. Ditemukan pada tahun 2008 dan dijuluki 'kuburan dinosaurus'.

Mereka dapat memberikan bukti fisik pertama bahwa dinosaurus terbunuh oleh serangan asteroid pada akhir Periode Kapur. Penemuan ini sangat luar biasa mengingat sangat sedikit sisa dinosaurus yang ditemukan di bebatuan dari serangan asteroid puluhan juta tahun lalu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2750 seconds (11.252#12.26)