Fosil Dinosaurus Korban Tumbukan Asteroid 66 Juta Tahun Lalu Ditemukan

Jum'at, 08 April 2022 - 13:35 WIB
Sebuah film dokumenter BBC baru yang dipresentasikan oleh Sir David Attenborough yang akan ditayangkan minggu depan akan mengungkapkan beberapa temuan baru di Tanis.

"Ini adalah hal paling luar biasa yang mungkin bisa kami bayangkan di sini, skenario kasus terbaik, satu hal yang selalu ingin kami temukan di situs ini dan di sini kami mendapatkannya," kata DePalma kepada BBC.

Seperti diketahui bahwa dinosaurus musnah oleh peristiwa tumbukan asteroid yang menabrak laut dangkal di tempat yang sekarang disebut semenanjung Yucatán di Meksiko sekitar 66 juta tahun yang lalu.

Bagi mereka yang tidak terbunuh secara langsung oleh dampaknya, tabrakan tersebut melepaskan debu besar dan awan jelaga yang memicu perubahan iklim global, memusnahkan 75 persen dari semua spesies hewan dan tumbuhan.

Semua dinosaurus non-unggas, pterosaurus, amon, dan sebagian besar reptil laut menghilang, sementara mamalia, burung, buaya, dan kura-kura selamat.

Ketika asteroid itu menabrak Bumi, ia mengguncang lempeng benua dan menyebabkan gelombang besar di badan air, seperti sungai dan danau.

Ini memindahkan sejumlah besar sedimen yang menelan ikan dan menguburnya hidup-hidup. Sementara bola tumbukan berupa manik-manik kaca dari batuan Bumi turun dari langit, kurang dari satu jam setelah tumbukan.

Tanis adalah situs terkenal yang muncul untuk merekam peristiwa dari menit pertama hingga beberapa jam setelah tumbukan asteroid raksasa Chicxulub dengan sangat detail.