Fosil Berusia 100 Juta Tahun Mengungkap Udang Peri Betina Bereproduksi Tanpa Pejantan

Kamis, 14 April 2022 - 12:01 WIB
Udang peri betina purba mungkin bisa hidup baik-baik saja tanpa pejantan, bahkan bereproduksi tanpa seks. Foto/FreshWaterHabitat
CANBERRA - Udang peri betina purba mungkin bisa hidup baik-baik saja tanpa pejantan, bahkan bereproduksi tanpa seks . Fenomena ini dikenal sebagai partenogenesis, atau merupakan jenis reproduksi aseksual.

Partenogenesis adalah perkembangan spontan embrio dari telur yang tidak dibuahi. Ini diketahui terjadi pada tumbuhan dan hewan, meskipun dianggap sangat langka.

Beberapa spesies, seperti kadal whiptail, bereproduksi secara eksklusif melalui partenogenesis, tetapi beberapa spesies yang bereproduksi secara seksual diketahui bereproduksi secara partenogenetik. Seperti dalam kasus dua condor California tanpa pejantan yang dilaporkan dalam Journal of Heredity pada tahun 2021.

Terbaru para peneliti yang mempelajari fosil air tawar periode Kapur di lapisan fosil Koonwarra di Australia selatan telah menggambarkan spesies baru udang air tawar yang sekarang sudah punah (Koonwarrella peterorum) kemungkinan juga bereproduksi tanpa seks.

"Sejauh yang kami tahu, [partenogenesis] tidak diketahui dalam catatan fosil udang peri," rekan peneliti studi Thomas Hegna, asisten profesor paleontologi di State University of New York (SUNY) di Fredonia, mengatakan kepada Live Science, Kamis (14/4/2022) .

Meskipun partenogenesis telah terlihat pada udang air asin modern, ini adalah pertama kalinya dikenali pada varietas air tawar. Spesies baru ini diidentifikasi dari 40 fosil individu di seluruh lapisan fosil Koonwarra, sebuah situs paleontologi yang berasal dari zaman Aptian (125 juta hingga 113 juta tahun yang lalu) yang kaya akan fosil.

Termasuk bulu dari dinosaurus garis unggas, serta ikan bertulang. dan invertebrata seperti udang peri ini. Fosil-fosil itu sendiri disimpan di koleksi paleontologi Museum Melbourne di Victoria, Australia.

Fosil udang yang digali dari lapisan fosil Koonwarra tidak mirip dengan udang yang ditemukan di scampi di piring makan Anda. Sebaliknya, mereka jauh lebih dekat hubungannya dengan monyet laut modern (Artemia salina), yang merupakan berbagai jenis udang air asin.