Hewan yang Memiliki Kelamin Ganda, Bisa Jadi Betina Sekaligus Jantan

Jum'at, 26 November 2021 - 22:04 WIB
loading...
Hewan yang Memiliki Kelamin Ganda, Bisa Jadi Betina Sekaligus Jantan
Hewan yang memiliki kelamin ganda bisa jantan atau betina. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Hewan yang memiliki kelamin ganda mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun faktanya di dunia ini ada beberapa hewan yang memiliki kelamin ganda.

Hewan yang memiliki kelamin ganda atau Hermafroditisme tidak terlalu luas dikenal dalam kerajaan hewan (Animalia).



Hewan dapat bereproduksi hanya secara aseksual atau seksual, atau bisa bergantian melakukan kedua modus tersebut. Banyak invertebrata dapat bereproduksi secara aseksual dengan cara pembelahan, pertunasan, gemula, fragmentasi dan regenerasi.

Satu penyelesaian terhadap permasalahan ini adalah hermafroditisme, di mana masing-masing individu mempunyai sistem reproduksi jantan maupun betina.

Jenis lain dari hermafroditisme pada hewan ialah hermafroditisme sekuensial, di mana suatu individu mengubah jenis kelaminnya selama masa hidupnya.

Namun sedikit setidaknya ada lima hewan yang memiliki kelamin ganda, seperti dikutip dari UNILAD:

1. Ikan Badut

Binatang laut, ikan badut semuanya lahir sebagai jantan, tetapi yang paling dominan berubah menjadi betina dan disebut sebagai hermafroditisme berurutan.

Perubahan ini akan terjadi jika kawanan ikan badut betina mati. Untuk menjaga spesies, ikan badut jantan akan mengubah jenis kelamin untuk memegang kendali dan mempertahankan kawanannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2127 seconds (0.1#10.140)