Ilmuwan Berhasil Pecahkan Kode Rahasia yang Ada di Otak Manusia

Jum'at, 15 April 2022 - 09:09 WIB
loading...
A A A


Dalam salah satu uji coba, hasil pemindaian otak para sukarelawan terlihat lingkaran yang terdiri dari kisi-kisi, atau garis miring, di layar selama kira-kira empat detik. Grafik tersebut kemudian menghilang, dan 12 detik kemudian, para peserta diminta untuk mengingat kembali sudut dari garis miring tersebut.

Dalam uji coba lain, para peserta melihat awan titik-titik bergerak yang semuanya bergeser ke arah yang sama, dan mereka diminta untuk mengingat sudut yang tepat dari gerakan awan titik itu. "Kami memperkirakan bahwa sukarelawan akan mengkode ulang stimulus kompleks di otal mereka," kata Curtis.

Para peneliti menggunakan pemodelan komputer untuk memvisualisasikan aktivitas otak yang kompleks, menciptakan semacam peta topografi yang mewakili puncak dan lembah aktivitas di berbagai kelompok sel otak.

Sel-sel otak yang memproses data visual memiliki "medan reseptif", yang berarti mereka aktif sebagai respons terhadap rangsangan yang muncul di zona tertentu bidang visual seseorang.



Analisis ini mengungkapkan bahwa, alih-alih mengkodekan semua detail halus dari setiap grafik, otak hanya menyimpan informasi relevan yang diperlukan untuk tugas yang ada.

"Salah satu keterbatasan penelitian ini adalah bahwa tim menggunakan grafik yang sangat sederhana, yang tidak selalu mencerminkan kompleksitas visual dunia nyata," kata Nee.

Memori kerja pada dasarnya bertindak sebagai jembatan antara persepsi dan tindakan. "Studi ini, mengungkap pandangan yang belum pernah terjadi sebelumnya ke dalam zona perantara misterius antara persepsi dan tindakan ini," kata Nee.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)