Ini Daftar Hewan Rusia yang Dianggap Sudah Punah, 3 Spesies Punya Bentuk Unik

Sabtu, 16 April 2022 - 17:11 WIB
loading...
Ini Daftar Hewan Rusia yang Dianggap Sudah Punah, 3 Spesies Punya Bentuk Unik
Burung Ibis Jambul atau Crested ibis dulunya tersebar luas dari Daerah Priamurye tengah hingga ke beberapa provinsi di China, namun sekarang berstatus terancam punah. Foto/rbth.
A A A
MOSKOW - Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Rusia pada September 2021 telah melakukan sensus terhadap dunia hewan dan menemukan ada sekitar 11 spesies hewan dan ikan yang dulu menghuni daerah tertentu tidak lagi terlihat di alam liar. Kondisi ini menyebabkan mereka dimasukkan ke dalam daftar 'kemungkinan punah', kategori terakhir sebelum dianggap benar-benar punah .

Spesies ini masih dapat dilihat di taman nasional dan kebun binatang, tetapi tidak di alam liar. Spesies ini termasuk sturgeon laut Eropa, ibis jambul, capercaillie barat, Bunting Jankowski, anjing laut biksu, onager, dan kuda Przewalski.

Termasuk bison Eropa (atau zubr) dan harimau Siberia yang berstatus di ambang kepunahan pada paruh pertama abad ke-20 akibat perburuan. Berikut adalah beberapa di antaranya dirangkum SINDOnews dari laman Russian Beyond, Sabtu (16/4/2022).

1. Kuda Przewalski
Ini Daftar Hewan Rusia yang Dianggap Sudah Punah, 3 Spesies Punya Bentuk Unik


Kuda Przewalski dulunya menghuni Asia, hutan Kazakh, dan bagian selatan Siberia Barat. Terakhir kali terlihat di alam liar adalah di Mongolia pada tahun 1969.

Kuda Przewalski atau dikenal sebagai kuda-P, dinamai dari Nikolai Przewalski (diucapkan "shuh-val-skee"), seorang penjelajah Rusia. Dia adalah orang pertama yang menemukan sub-spesies kuda ini pada tahun 1870.

Salah satu versi seputar hilangnya spesies kuda Przewalski berkaitan dengan musim dingin yang sangat keras pada tahun 1944-1945. Ketika itu suhu turun menjadi minus 40 derajat celcius dengan badai salju harian yang ganas.

Baca juga; Ilmuwan Rusia Meneliti Virus Prasejarah dari Bangkai Kuda Berusia 4.500 Tahun

2. Ikan Sturgeon Baltik
Ini Daftar Hewan Rusia yang Dianggap Sudah Punah, 3 Spesies Punya Bentuk Unik


Ikan sturgeon Baltik dulunya mendiami Danau Ladoga, serta sungai-sungai yang mengalir ke Laut Blatik, Putih, dan Hitam. Ikan sturgeon Rusia (Acipenser gueldenstaedtii), juga dikenal sebagai sturgeon intan atau sturgeon Danube, adalah spesies ikan dalam famili Acipenseridae.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2204 seconds (10.55#12.26)