Sabtu, 16 April 2022 - 17:11 WIB
Ini Daftar Hewan Rusia yang Dianggap Sudah Punah, 3 Spesies Punya Bentuk Unik
Burung Ibis Jambul atau Crested ibis dulunya tersebar luas dari Daerah Priamurye tengah hingga ke beberapa provinsi di China, namun sekarang berstatus terancam punah. Foto/rbth.
MOSKOW - Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Rusia pada September 2021 telah melakukan sensus terhadap dunia hewan dan menemukan ada sekitar 11 spesies hewan dan ikan yang dulu menghuni daerah tertentu tidak lagi terlihat di alam liar. Kondisi ini menyebabkan mereka dimasukkan ke dalam daftar 'kemungkinan punah', kategori terakhir sebelum dianggap benar-benar punah .

Spesies ini masih dapat dilihat di taman nasional dan kebun binatang, tetapi tidak di alam liar. Spesies ini termasuk sturgeon laut Eropa, ibis jambul, capercaillie barat, Bunting Jankowski, anjing laut biksu, onager, dan kuda Przewalski.

Termasuk bison Eropa (atau zubr) dan harimau Siberia yang berstatus di ambang kepunahan pada paruh pertama abad ke-20 akibat perburuan. Berikut adalah beberapa di antaranya dirangkum SINDOnews dari laman Russian Beyond, Sabtu (16/4/2022).

1. Kuda Przewalski
Ini Daftar Hewan Rusia yang Dianggap Sudah Punah, 3 Spesies Punya Bentuk Unik

Kuda Przewalski dulunya menghuni Asia, hutan Kazakh, dan bagian selatan Siberia Barat. Terakhir kali terlihat di alam liar adalah di Mongolia pada tahun 1969.

Kuda Przewalski atau dikenal sebagai kuda-P, dinamai dari Nikolai Przewalski (diucapkan "shuh-val-skee"), seorang penjelajah Rusia. Dia adalah orang pertama yang menemukan sub-spesies kuda ini pada tahun 1870.

Salah satu versi seputar hilangnya spesies kuda Przewalski berkaitan dengan musim dingin yang sangat keras pada tahun 1944-1945. Ketika itu suhu turun menjadi minus 40 derajat celcius dengan badai salju harian yang ganas.

2. Ikan Sturgeon Baltik
Ini Daftar Hewan Rusia yang Dianggap Sudah Punah, 3 Spesies Punya Bentuk Unik

Ikan sturgeon Baltik dulunya mendiami Danau Ladoga, serta sungai-sungai yang mengalir ke Laut Blatik, Putih, dan Hitam. Ikan sturgeon Rusia (Acipenser gueldenstaedtii), juga dikenal sebagai sturgeon intan atau sturgeon Danube, adalah spesies ikan dalam famili Acipenseridae.

Ikan sturgeon Rusia dapat tumbuh sepanjang 235 cm dan berat 115 kg. Ikan sturgeon Rusia dewasa berkembang biak sangat lambat. Akibat penangkapan besar-besaran ikan untuk industri yang meluas dan sangat intensif, serta pembangunan hidro di sekitar daerah habitat temat bertelur, ikan tidak lagi terlihat di mana pun. Juga tidak ada upaya untuk menghidupkan kembali spesies tersebut melalui pemuliaan buatan.

3. Ibis Jambul
Ini Daftar Hewan Rusia yang Dianggap Sudah Punah, 3 Spesies Punya Bentuk Unik

Burung Ibis Jambul atau Crested ibis dulunya tersebar luas dari Daerah Priamurye tengah hingga ke beberapa provinsi di China. Hari ini, itu hanya dapat ditemukan di cagar alam Khanka Rusia, di perbatasan dengan China.

Ini adalah satu-satunya spesies burung dari genus Nipponia keluarga Threskiornithidae. Burung ini telah punah dari sebagian besar habitat aslinya. Hingga abad ke-19, burung ini dapat ditemukan di berbagai tempat di Asia Timur, namun populasinya menyusut drastis pada awal abad ke-20.