Rahasia Komputer Pertama dari 2.000 Tahun yang Lalu Terungkap

Minggu, 17 April 2022 - 17:10 WIB
Rahasia Komputer Pertama dari 2.000 Tahun yang Lalu Terungkap
Mekanisme Antikythera yang misterius, yang dianggap oleh beberapa orang sebagai komputer pertama di dunia berhasil diungkap para ilmuwan. Foto/dok
JAKARTA - Mekanisme Antikythera yang misterius, yang dianggap oleh beberapa orang sebagai komputer pertama di dunia berhasil diungkap para ilmuwan. Diketahui kalau kommputer tersebut pertama kali digunakan pada 22 Desember 178 SM.

Dalam makalah baru yang dilansir Live Science, Minggu (17/4/2022), para peneliti menyebutkan sejumlah alasan mengapa mereka berpikir 22 Desember 178 SM adalah tanggal pertama komputer kuno itu digunakan.

Karena tanggal tersebut adalah dimulainya mekanisme yang merupakan tanggal paling awal yang menjadi dasar semua perhitungan yang dibuat pada komputer tersebut.

Pertama, ada gerhana matahari pada hari itu, yang berlangsung lebih dari 12 menit. Kedua, hari berikutnya, 23 Desember, adalah titik balik matahari musim dingin, hari penting di antara banyak orang kuno.

Ilmuwan juga mencatat bahwa festival perayaan dewi Isis di Mesir dan Yunani dilakukan pada saat itu. Selain itu, fase bulan dimulai pada 22 Desember tahun itu, tulis tim dalam makalah mereka.

Aristeidis Voulgaris, penulis utama makalah dan pemimpin tim Rekonstruksi Fungsional Mekanisme Antikythera mengatakan kombinasi peristiwa ini menciptakan kebetulan yang sangat langka yang akan membuat hari awal yang tak terlupakan.

Tanggal inisiasi ini penting karena merupakan tanggal di mana semua perhitungan menggunakan mekanisme akan didasarkan. “Untuk menggunakan alat ukur, diperlukan titik acuan, sebelum prosedur pengukuran,” tulis para peneliti dalam makalahnya.

Seperti kalender yang membutuhkan tanggal tetap seperti 1 M, siapa pun yang menggunakan mekanisme ini akan membutuhkan tanggal mulai yang menjadi dasar semua perhitungan.