Penemuan 17 Spesies Baru Kaki Seribu, Salah Satunya Diberi Nama Taylor Swift

Selasa, 19 April 2022 - 14:47 WIB
loading...
Penemuan 17 Spesies Baru Kaki Seribu, Salah Satunya Diberi Nama Taylor Swift
Ilmuwan menemukan 17 spesies baru kaki seribu Nannaria yang hidup di Pegunungan Appalachian Amerika Serikat (AS). Salah satu spesies diberi nama Taylor Swift, penyanyi dan penulis lagu terkenal AS.Foto/sci-news
A A A
VIRGINIA - Ilmuwan menemukan 17 spesies baru kaki seribu Nannaria yang hidup di Pegunungan Appalachian Amerika Serikat (AS). Salah satu spesies diberi nama Taylor Swift , penyanyi dan penulis lagu terkenal AS.

Tim ahli entomologi dari Virginia Polytechnic Institute and State University menjelaskan, Nannaria adalah kumpulan kaki seribu bertubuh kecil yang tersebar di Amerika Utara bagian timur. Kaki seribu ini biasanya berwarna cokelat kastanye hingga hitam dengan pola bimaculata oranye hingga merah, atau bintik-bintik putih; jarang mereka mungkin juga memiliki garis-garis.

“Invertebrata yang kurang dikenal ini memiliki peran berharga sebagai pengurai: memecah serasah daun, kemudian mereka melepaskan nutrisinya ke dalam ekosistem,” kata penulis utama Dr Derek Hennen dari Virginia Polytechnic Institute and State University dikutip SINDOnews dari laman sci-news, Selasa (19/4/2022).



Hennen menjelaskan, kaki seribu hidup di dasar hutan dengan memakan daun yang membusuk dan bahan tanaman lainnya. Spesies kaki seribu ini agak sulit ditangkap, karena cenderung tetap terkubur di dalam tanah, kadang-kadang tetap sepenuhnya di bawah permukaan.

Para ilmuwan menemukan spesies kaki seribu ini dengan melakukan perjalanan ke 17 negara bagian AS. Mereka memeriksa di bawah serasah daun, bebatuan, dan kayu gelondongan untuk menemukan spesies ini sehingga dapat mengurutkan DNA dan mendeskripsikannya secara ilmiah.

Ada lebih dari 1.800 spesimen yang dikumpulkan pada studi lapangan dan para peneliti menggambarkan ada 17 spesies baru yang ditemukan. Salah satunya, spesies Nannaria marianae (dinamai istri Dr. Hennen) dan Nannaria swiftae (diambil dari nama penyanyi dan penulis lagu AS Taylor Swift).



“Nannaria swiftae hanya diketahui dari Tennessee dan telah dikumpulkan di wilayah Cumberland, Monroe, dan Van Buren. Spesies ini telah dikumpulkan di hutan mesic dengan hemlock, maple, oak, tuliptree, witch hazel, dan pinus, pada ketinggian mulai dari 481 meter hingga 1.539 meter,” katanya.

Nama spesifik ini adalah kata benda dalam kasus genitif yang diturunkan sebagai matronim dan dinamai untuk menghormati artis Taylor Swift. Ini sebagai pengakuan atas bakatnya sebagai penulis lagu dan penyanyi, sebagai penghargaan atas prestasinya dalam bidang musik yang membawanya menjadi penulis lagu papan atas.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)