Bangau Putih, Burung Nasional Ukraina yang Sakral dan Simbol Kesejahteraan

Minggu, 17 April 2022 - 08:01 WIB
loading...
Bangau Putih, Burung Nasional Ukraina yang Sakral dan Simbol Kesejahteraan
Bangau putih atau White Stork (Ciconia ciconia) yang dikenal sebagai burung nasional Ukraina memiliki banyak makna. Foto/wiktionary
A A A
KIEV - Bangau putih atau White Stork (Ciconia ciconia) yang dikenal sebagai burung nasional Ukraina memiliki banyak makna. Bangau sangat suci bagi orang Ukraina , simbol musim semi, bayi, dan perdamaian.

Bangau putih diyakini semacam jimat dan melindungi rumah Anda dari segala macam kejahatan. Tak seorang pun di Ukraina pernah membunuh bangau untuk dimakan, bahkan di saat-saat terburuk.

Bangau Putih tersebar luas di Ukraina dan menjadi burung dongeng yang melegenda bahkan sampai hari ini di Kepulauan Inggris, meskipun nyaris punah di abad pertengahan. Pasangan bangau putih terakhir yang bersarang diamati di Edinburgh pada 1416.



Saat ini, ada beberapa lusin yang terlihat secara sporadis di Inggris, beberapa akan berasal dari koleksi. “Merasa agak pedih telah melihatnya (kondisi) hari ini,” kata pengamat burung dari Lviv, Ukraina, Oleksandr Ruchko menulis di The Guardian ketika melihat burung-burung kembali ke tanah airnya.

Dia sempat pergi ke beberapa lokasi mencari Bangau Putih dan melihatnya di marina desa terdekat pagi ini. “Saya cukup beruntung untuk melihatnya di sayap yang berputar-putar dengan banyak camar dan beberapa Bangau Abu-abu sebelum menuju ke hulu dan menghilang dari pandangan di sepanjang Great River Ouse,” ujarnya.

Menurut kantor berita Interfax-Ukraina, Bangau putih menjadi simbol burung nasional pada tahun 2000. Di Ukraina, bangau disebut "leleka" atau "bus'ko", dan burung yang mulia ini melambangkan kesejahteraan.



Burung besar dengan leher dan kaki panjang dari famili Ciconiidae (ordo Ciconiiformes). Tinggi burung bangau berkisar dari sekitar 60 cm hingga lebih dari 150 cm dan berat hingga 4,5 kg. Mereka adalah burung migran yang berkembang biak di Eropa dan musim dingin di Afrika bagian selatan.

Menurut kepercayaan rakyat Ukraina dan Eropa lainnya, bangau memiliki kekuatan magis untuk melindungi dan membantu manusia. Sebuah keluarga dengan sarang burung bangau di pertaniannya akan hidup dalam kedamaian, kemakmuran, dan kesehatan yang baik. Sebuah desa dengan banyak bangau diyakini akan mendapatkan panen yang melimpah.
Bangau Putih, Burung Nasional Ukraina yang Sakral dan Simbol Kesejahteraan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2463 seconds (0.1#10.140)