Setiap Tahun Miring 5 Derajat, Bisakah Menara Pisa Benar-benar Roboh?

Selasa, 19 April 2022 - 17:04 WIB
loading...
A A A
Kemudian dicari solusi lain dengan "penggalian bawah", yaitu menggunakan tabung panjang dan bor untuk menghilangkan tanah di bawah sisi utara fondasi menara secara non-invasif. Saat tanah dihilangkan, struktur perlahan mulai berputar ke utara.

Upaya ini mengurangi kemiringan menara sebesar 10%, menjadikannya miring 5 derajat. “Ketika melakukan ini, seperti [memutar] kembali jam menara selama 200 tahun,” kata Fiorentino.



Ini hanya perbaikan sementara, lanjut Fiorentino, jadi tidak mungkin memperkirakan berapa lama menara itu akan berdiri. Dalam 300 tahun ke depan, itu bisa miring kembali ke kemiringan 5,5 derajat dari tahun 1990-an, bergeser di atas tanah lunak lagi.

Namun untuk sementara, menara tersebut aman karena beberapa alasan. Pertama, interupsi yang lama pada konstruksi menara memberikan waktu bagi struktur untuk mengendap di tanah yang dapat ditempa, memperkuat strukturnya hingga bangunan berikutnya.

Selain itu, karena dasar menara lebih tebal daripada bagian atasnya yang dilapisi kolom, pusat massanya lebih rendah dari tanah, sehingga lebih stabil. Termasuk ketika terjadi gempa bumi.

Menurut Fiorentino periode getaran alami yang lebih lama dan tidak terlalu merusak karena struktur tanah lunak di bawah fondasi menara, yang menawarkan perlindungan bangunan dari pengaruh gempa bumi.

Untuk saat ini, bangunan sejarah ikonik ini akan terus bertahan meskipun struktur bangunannya miring. “Orang Romawi kuno ingin membangun monumen yang bertahan lama. Mereka ingin mereka menjadi abadi,” kata Fiorentino.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2095 seconds (0.1#10.140)