Bikin Sel Kulit Jadi 30 Tahun Lebih Muda, Ini Teknik Baru yang Ditemukan Ilmuwan Inggris

Selasa, 19 April 2022 - 17:51 WIB
Sebaliknya, sebagian sel yang diprogram ulang, seperti sel kulit dalam penelitian Gill, menjadi lebih muda secara biologis dan mempertahankan fungsi sel khusus. Meskipun mereka masih berpotensi menimbulkan risiko kanker.

“Hasil kami mewakili langkah maju yang besar dalam pemahaman kami tentang pemrograman ulang sel. Kami telah membuktikan bahwa sel-sel dapat diremajakan tanpa kehilangan fungsinya dan peremajaan itu terlihat untuk mengembalikan beberapa fungsi ke sel-sel tua," kata Gill dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Selasa (19/4/2022).

Sementara itu, Ben Van Handel, ahli biologi sel punca dan salah satu pendiri perusahaan perawatan kulit Heraux dan perusahaan biofarmasi CarthroniX, mengatakan bahwa teknik ini tidak akan pernah digunakan dalam pengaturan klinis karena merupakan jenis terapi gen yang tidak mungkin dilakukan pada manusia.

“Masih banyak kekhawatiran tentang sel-sel ini menjadi kanker dan mengendalikan seberapa jauh proses peremajaan di masa lalu. Cara melakukannya tidak akan dapat diterapkan di dunia nyata, [tetapi] penelitian ini berharga,” katanya.