Ini 6 Hewan yang Bisa Berubah Kelamin, Nomor 5 Siapa Sangka

Selasa, 19 April 2022 - 21:03 WIB
loading...
A A A
Spesies Bass Laut Hitam banyak ditemui di seluruh Amerika Serikat dari Maine ke Florida Keys. Hewan ini merupakan hermaprodit protogynous atau hewan yang dapat merubah kelaminnya dari betina menjadi jantan.

Dengan jumlah populasinya yang tersebar luas, sulit bagi peneliti untuk mengamati aktivitas reproduksinya di habitat alami mereka. Namun, dalam sebuah penelitian Bass Laut di dalam tangki mengungkap bahwa perubahan jenis kelamin mungkin berhubungan dengan kebutuhan. Jadi, apabila Bass Laut betina melihat adanya penurunan spesies jantan, maka dia akan berubah kelamin menjadi jantan.



6. Ular Copperhead

Sebagian ular betina seperti Copperhead termasuk dalam partenogenesis. Artinya adalah ular betina membuahi telur mereka sendiri tanpa pasangan seksual ular jantan.

Meskipun secara teknis bukan pembalikan, namun jenis ular ini bisa melaksanakan fungsi reproduksi kedua jenis kelamin sekaligus. Dengan partenogenesis fakultatif, sel khusus yang disebut tubuh polar dan diproduksi dengan telur, terkadang bertindak sebagai sperma untuk membuahinya.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2265 seconds (0.1#10.140)