Ini 6 Hewan yang Bisa Berubah Kelamin, Nomor 5 Siapa Sangka

Selasa, 19 April 2022 - 21:03 WIB
loading...
Ini 6 Hewan yang Bisa Berubah Kelamin, Nomor 5 Siapa Sangka
Ikan badut salah satu hewan yang bisa berubah kelamin. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Hewan yang bisa berubah kelamin menjadi salah satu bukti bahwa alam ini selalu memiliki keunikannya sendiri. Dalam kasus ini, ada beberapa hewan yang bisa mengubah jenis kelaminnya serta ada juga hewan yang bisa menggunakan kedua jenis kelamin tersebut secara bersamaan.

Beberapa fenomena ini umumnya terjadi karena proses alami yang menawarkan fleksibilitas reproduksi spesies. Selain itu, ada juga faktor eksternal seperti meningkatnya suhu global sehingga membuat perubahan pada karakteristik hewan tersebut.

Dilansir dari situs Treehugger, berikut beberapa hewan yang bisa berubah kelamin:

1. Siput Pisang

Memiliki warna kuning cerah serta panjang sekitar 10 inci, hewan yang berbentuk seperti cacing ini merupakan hermafrodit simultan. Artinya adalah siput pisang ini tidak bisa berubah kelamin secara bergonta ganti, melainkan dapat menggunakan organ reproduksi pria dan wanita pada saat yang bersamaan.



Siput Pisang bisa melakukan pembuahan sendiri, namun sebagian besar hewan ini memilih untuk mencari pasangan. Saat tiba musim kawin, dua siput pisang akan meringkuk dan terlibat pertukaran sperma yang masing-masing membuahi telurnya.

2. Ikan Elang

Hawkfish atau biasa dikenal dengan Ikan Elang juga menjadi salah satu hewan yang bisa merubah kelaminnya. Jenis ikan berwarna cerah ini biasanya memiliki kelamin perempuan dan dapat berubah menjadi laki-laki ketika sebuah kondisi yang mengharuskannya berubah kelamin.

Hal ini dikarenakan hawkfish jantan mengambil terlalu banyak betina, sehingga memaksa hawkfish betina berubah kelamin menjadi jantan. Satu hal yang membedakan ikan elang dengan hewan hermafrodit lain adalah bisa beralih kembali ke jenis kelamin aslinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3298 seconds (0.1#10.140)