Astrobotic Hadirkan Robot Pendarat Bulan Komersil, Siap Diluncurkan Tahun Ini

Kamis, 21 April 2022 - 08:40 WIB
loading...
Astrobotic Hadirkan Robot Pendarat Bulan Komersil, Siap Diluncurkan Tahun Ini
CEO Astrobotic John Thornton merilis robot pendarat bulan Peregrine. Foto/Astrobotic
A A A
PITTSBURGH - Perusahaan ruang angkasa komersial Astrobotic meluncurkan robot pendarat bulan yang hampir lengkap yang disebut Peregrine Lunar Lander. Robot pendarat bulan dirancang untuk membawa muatan untuk pelanggan berbayar seperti NASA ke permukaan bulan.

Robot Peregrine Lunar Lander, merupakan pesawat ruang angkasa seukuran kulkas jongkok, tingginya 1,8 meter. Lima mesin utama yang dipasang di pangkalan pendarat akan membantu menavigasi kendaraan melalui ruang angkasa dan akhirnya memungkinkan kendaraan untuk mendarat di permukaan Bulan.

Kendaraan memiliki berbagai lokasi yang dapat menyimpan muatan yang dipasang untuk eksperimen untuk memanfaatkan lingkungan bulan. “Prioritas pertama kami adalah keberhasilan misi, dan jika itu menjadi yang pertama, itu bagus,” kata John Thornton, CEO Astrobotic, kepada The Verge, Kamis (21/4/2022).



Untuk peluncuran pertama, pendarat Peregrine akan membawa 24 muatan ke Bulan. Setengahnya adalah instrumen ilmiah dari NASA, sementara yang lain berasal dari kelompok pelanggan komersial lain. Satu muatan termasuk penjelajah yang dibuat oleh siswa di Carnegie Mellon, dan ada juga penjelajah mikro dari Badan Antariksa Meksiko.

Astrobotic, berbasis di Pittsburgh, adalah salah satu dari dua perusahaan swasta yang membuat robot pendarat komersial ke Bulan. Satu perusahaan lain, Intuitive Machines, yang berbasis di Houston, sedang membangun robot pendarat bulannya sendiri yang disebut Nova-C.

Kedua perusahaan telah menerima kontrak jutaan dolar dari NASA untuk membantu memacu pengembangan pendarat bulan. Pada gilirannya, memberi badan antariksa cara untuk melakukan eksperimen ilmiah ke Bulan. Ini adalah bagian kecil dari program Artemis andalan NASA, upaya besar untuk mendaratkan manusia ke permukaan bulan.



Struktur penerbangan pendarat dipresentasikan hari ini, tetapi beberapa tank, panel surya, propulsi, dan atribut lainnya masih perlu ditambahkan ke kendaraan. Astrobotic menolak untuk memberikan secara spesifik tentang biaya Peregrine atau berapa biaya pelanggan untuk tempat di pendarat.

Dengan mendanai banyak perusahaan, NASA juga berharap dapat memacu persaingan yang bersahabat. Awalnya, agensi telah mendanai tiga perusahaan dalam kontrak putaran pertama, yang dikenal sebagai program CLPS, tetapi salah satu perusahaan mundur. Sekarang, tergantung pada Astrobotic dan Intuitive Machines, untuk menerbangkan pendarat bulan mereka tahun ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2136 seconds (0.1#10.140)