Mengenal Ismail Al-Jazari, Ilmuwan Islam Penemu Robot Pertama di Dunia

Kamis, 21 April 2022 - 22:04 WIB
loading...
Mengenal Ismail Al-Jazari, Ilmuwan Islam Penemu Robot Pertama di Dunia
Ismail Al-Jazari merupakan ilmuwan muslim yang dikenal sebagai penemu robot pertama di dunia. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Ismail Al Jazari merupakan ilmuwan muslim yang dikenal sebagai penemu robot pertama di dunia. Al-Jazari membangun sebuah benda yang dianggap sebagai salah satu automata dan robot pertama di dunia.

Robot merupakan salah satu penemuan terbaik yang ada di dunia. Namun, pernahkah terpikirkan mengenai siapa penemu pertama robot di dunia?

Sebagian orang mungkin akan menjawabnya bahwa penemuan canggih tersebut datang dari negara-negara barat. Padahal, faktanya adalah penemu pertama Robot ini adalah seorang Polymath muslim bernama Ismail Al-Jazari.

Dilansir situs Robot Shop, Ismail Al-Jazari ini merupakan seorang polymath kelahiran tahun 1136. Dia lahir di Cizre (Turki) pada masa keemasan Islam. Al Jazari adalah seorang sarjana, penemu, insinyur mekanik, seniman, dan matematikawan.



Dia pernah menjabat sebagai kepala Insinyur di Istana Artuklu. Al-Jazari dikenal dengan pernah menulis sebuah buku berjudul ‘The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices.

Buku yang terbit pada tahun 1206 tersebut berisi sekitar berbagai penemuan yang dibuatnya lengkap dengan instruksi untuk membangunnya.

Dari poros engkol, mekanisme escapement, roda gigi segmental, hingga pompa hisap aksi ganda dengan katup dan gerakan piston reciprocating, banyak penemuannya yang menampilkan mekanisme revolusioner.



Dengan salah satu skema yang dibuat, Al-Jazari membangun sebuah benda yang dianggap sebagai salah satu automatas dan robot pertama di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2078 seconds (0.1#10.140)