Ahli Geologi Temukan Kapsul Waktu dari 3,8 Miliar Tahun Lalu di Afrika Selatan

Minggu, 24 April 2022 - 20:07 WIB
Ahli Geologi Temukan Kapsul Waktu dari 3,8 Miliar Tahun Lalu di Afrika Selatan
Kristal zirkon dapat bertindak semacam kapsul waktu yang berisi informasi tentang kondisi lempeng bumi dimana mereka terbentuk. Foto/dok
JAKARTA - Tim ahli geologi menemukan kristal kecil zirkon dari 3,8 miliar tahun lalu yang mengandung bukti geokimia paling awal untuk aktivitas lempeng tektonik di Bumi.

Kapsul waktu ini merupakan batu menakjubkan dari 33 kristal zirkon mikroskopis, yang berasal dari 4,15 hingga 3,3 miliar tahun yang lalu. Kristal ini ditemukan di blok kuno kerak bumi yang ditemukan di Sabuk Barberton Greenstone, Afrika Selatan.

Tim ilmuwan yang dipimpin oleh ahli geologi Nadja Drabon dari Universitas Harvard mempelajari zirkon Greenstone Belt untuk merekonstruksi garis waktu kondisi di mana mereka terbentuk.

"Ketika saya mengatakan lempeng tektonik, saya secara khusus mengacu pada pengaturan ketika satu lempeng berada di bawah yang lain dan Anda memiliki semua vulkanisme itu," kata Drabon seperti dikutip Science Alert, Minggu (24/4/2022).

Pada 3,8 miliar tahun yang lalu, katanya, ada pergeseran dramatis di mana kerak tidak stabil dan batuan baru terbentuk. "Kita melihat tanda-tanda geokimia ini menjadi semakin mirip dengan apa yang kita lihat di lempeng tektonik modern," katanya.

Menariknya, kristal zirkon yang berusia sekitar 3,8 miliar tahun itu tidak terbentuk dalam pengaturan zona subduksi. "Kemungkinan kristal ini terbentuk dari protocrust Hadean dari bahan mantel bumi yang dilebur kembali," katanya.

Tim kemudian membandingkan temuan mereka dengan kristal zirkon yang berumur sama dari seluruh dunia. Ini untuk memastikan mereka tidak hanya mengamati fenomena lokal tapi zirkon ini menunjukkan transisi yang serupa.

Sulit untuk mengetahui secara pasti apakah kristal kecil ini semuanya menunjuk pada evolusi bumi menuju lempeng tektonik.