Ini 5 Hewan Aneh Penghuni Pulau Socotra, Nomor 4 Bisa Berubah Warna

Sabtu, 23 April 2022 - 13:04 WIB
Ini 5 Hewan Aneh Penghuni Pulau Socotra, Nomor 4 Bisa Berubah Warna
Pulau socotra terletak di antara Guardafui Channel dan Laut Arab. Foto/dok
JAKARTA - Pulau socotra terletak di antara Guardafui Channel dan Laut Arab. Pulau ini dikenal sebagai pulau yang misterius dan terisolasi. Bahkan ada juga yang menjulukinya sebagai pulau alien dan tempat persembunyian Dajjal.

Berjarak sekitar 220 mil dari Yaman, pulau socotra menjadi rumah bagi banyak spesies endemik, baik flora maupun fauna. Mereka bisa beradaptasi dengan lingkungan yang tidak baik termasuk kondisi panas dan kering sehingga menghasilkan penampilan yang unik dan berbeda dari flora dan fauna pada umumnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa hewan endemik yang ada di Pulau Socotra:

1. Socotra Sunbird

Burung Matahari Socotra merupakan spesies burung dari keluarga Nectariniidae dan menjadi salah satu hewan endemik Pulau Socotra. Dikutip dari World Atlas, adaptasi burung ini hampir mirip dengan Starling Bird karena bisa bertahan hidup di ekosistem semak belukar tropis yang lembab dan semak-semak di dataran tinggi.

Socotra Sunbird ini tidak terancam punah seperti hewan endemik lainnya. Hanya saja bahaya utama adalah dia berisiko kehilangan habitatnya. Dilihat dari penampilannya, burung ini berwarna coklat dengan kombinasi putih. Selain itu, dia juga memiliki beberapa garis pada bulunya.

Chalcomitra Balfouri (nama ilmiahnya) menghasilkan suara keras yang beragam dan bisa berupa urutan semburan melodi cepat atau panjang. Makanan mereka adalah serangga seperti jangkrik, laba-laba, hingga buah-buahan seperti euphorbia. Mengenai perkembangbiakannya, socotra sunbird bertelur antara bulan januari dan Mei. Mereka tinggal di sarang yang menyerupai bentuk kubah.

2. Socotra Starling

Jalak Socotra ini masuk dalam kelompok Sturnidae. Sebagai hewan endemik, burung ini hanya bisa dijumpai di Socotra dan sedang dalam ancaman kehilangan habitatnya.