Beda Kegunaan Vitamin D3, Vitamin E, dan Astaxanthin Paska Pandemi Covid-19

Selasa, 26 April 2022 - 08:09 WIB
loading...
Beda Kegunaan Vitamin D3, Vitamin E, dan Astaxanthin Paska Pandemi Covid-19
Mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan imun penting di masa paska pandemi Covid-19. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Memelihara ketahanan tubuh dengan meningkatkan imun di masa paska pandemi Covid-19 tetap penting. Sebab, imun yang kuat akan memperkecil risiko terserang virus.

Untuk meningkatkan imun tubuh, perlu asupan makanan sehat dan bergizi seimbang, serta mengikuti pola hidup sehat lainnya. Nah, beberapa nutris dan vitamin yang belakangan populer untuk membangun sistem imun tubuh adalah Vitamin D3, E dan Astaxanthin.

Berikut perbedaan manfaatnya seperti dilansir Halodoc:

Vitamin D3
Ini adalah bentuk paling alami dari vitamin D . Secara kimiawi, bentuk aktif dari vitamin D ada dua, yaitu vitamin D2 (ergokalsiferol) dan vitamin D3 (kolekalsiferol).

Vitamin D3 berperan mengatur kadar kalsium dalam tubuh, sehingga menjaga kekuatan tulang dan gigi. Vitamin ini dapat terbentuk alami saat kulit terkena sinar matahari. Begitupun beberapa makanan hewani, seperti ikan laut, telur, susu dan olahannya, hati sapi, dan sereal.

Vitamin E
Vitamin E memiliki sifat anti radang dan antioksidan. Gunanya untuk memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan infeksi virus. Vitamin tersebut juga mampu meningkatkan produksi antibodi untuk melawan penyakit. Termasuk menangkal radikal bebas yang melemahkan sistem imun. Vitamin Eterkandung dalam biji bunga matahari, kacang tanah, kacang almond, bayam, brokoli, hingga alpukat.

Astaxanthin
Astaxanthin merupakan senyawa antioksidan sekaligus zat pemberi warna (pigmen) merah pada biota laut, seperti udang, lobster, kepiting, salmon dan ganggang. Kekuatan astaxanthin sebagai senyawa antioksidan disebut 6.000 kali lebih tinggi ketimbang vitamin C.

Maka, Astaxanthin punya kemampuan sangat baik dalam meningkatkan respons kekebalan tubuh. Senyawa ini juga bermanfaat melindungi sel-sel dalam sistem imun dari paparan radikal bebas.

BACA JUGA: Mengintip Isi Gerai Offline Meta, Ada Demo Virtual Reality dan Kacamata Ray-Ban

Astaxanthin juga dapat meresap ke setiap sel dalam tubuh dengan optimal, karena sifatnya yang molekuler lipophilic dan hydrophilic. Yakni satu bagian bertugas melindungi sel yang larut lemak dan molekul lainnya melindungi sel larut air.

Produsen suplemen vitamin seperti Tomo Kenko menyarankan konsumsi ketiga vitamin tersebut selama pandemi. Mereka mengklaim menghadirkan berbagai aneka produk mulai dari Vitamin D3, Vitamin C, Vitamin E, Astaxanthin hingga Combo Zinc, yang tersedia dalam berbagai dosis ukuran.

Gunanya, untuk mempermudah konsumen membeli dan mengonsumsi vitamin secara rutin. "Kami juga memiliki paket hampers yang berisi beragam kombinasi vitamin D3, Vitamin C, dan Zinc, kotak vitamin, gift card special, bahkan Kode Voucher," tulis keterangan resmi mereka.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2004 seconds (11.210#12.26)