Sabtu, 30 April 2022 - 19:51 WIB
Jam Atom Ini Lebih Presisi, Ukuran Waktu 1 Detik Bakal Di-Setting Ulang
Dengan penemuan jam optik atom ultra presisi, para ilmuwan bakal memperbarui durasi 1 detik agar penetapan waktu menjadi lebih tepat. Foto/The Ye group and Brad Baxley, JILA/Live Science
BOULDER - Durasi 1 detik yang menjadi satuan terkecil dalam penghitungan waktu yang biasa digunakan ternyata belum pernah diperbarui dalam 70 tahun. Dengan penemuan jam optik atom ultra presisi, para ilmuwan bakal memperbarui durasi 1 detik agar penetapan waktu menjadi lebih tepat.

Penghitungan waktu 1 detik standar yang berlaku saat ini didasarkan pada percobaan tahun 1957 dengan isotop atau varian cesium. Ketika berdetak dengan panjang gelombang energi mikro tertentu, atom cesium melepaskan jumlah foton atau unit cahaya sebanyak mungkin.

Menurut The New York Times, panjang gelombang yang dijuluki frekuensi resonansi alami cesium, menyebabkan atom cesium "berdetak" 9.192.631.770 kali setiap detik. Jadi itu definisi awal detik terkait dengan hitungan waktu yang ditetapkan pada tahun 1957 berdasarkan foton yang dilepaskan atom celsium.

Sebaliknya, jam atom optik mengukur osilasi atom yang "berdetak" jauh lebih cepat daripada atom cesium. Karena dapat berdetak lebih cepat, jam atom optik dapat, secara teori, menentukan detik dengan resolusi yang jauh lebih baik.

Jam optik atom ultra-presisi yang mengandalkan cahaya tampak lebih tepat untuk menetapkan definisi baru satuan waktu satu detik. Versi jam atom yang lebih baru ini, setidaknya secara teori, jauh lebih presisi daripada jam cesium standar emas, yang mengukur satu detik berdasarkan osilasi atom cesium saat terkena gelombang mikro.

“Anda dapat menganggapnya setara dengan memiliki penggaris dengan tanda centang setiap milimeter, dibandingkan dengan tongkat yang hanya berukuran 1 meter. Tetapi definisi baru dapat disetujui secara resmi segera setelah 2030,” kata Jeffrey Sherman, seorang peneliti di Divisi Waktu dan Frekuensi Institut Nasional Standar dan Teknologi di Boulder, Colorado, kepada Live Science, Sabtu (30/4/2022).
Jam Atom Ini Lebih Presisi, Ukuran Waktu 1 Detik Bakal Di-Setting Ulang

Mengapa para ilmuwan menginginkan jam atom yang lebih presisi untuk mengukur detik. Mereka menginginkan penghitungan waktu yang tepat di mana pun, sebab sesuai teori relativitas Einstein, waktu itu dapat dibengkokkan oleh massa dan gravitasi.

Akibatnya, waktu mungkin berdetak lebih lambat di permukaan laut, karena medan gravitasi bumi lebih kuat, daripada di puncak Gunung Everest, karena medan gravitasi sedikit lebih lemah. Para ilmuwan percaya mendeteksi perubahan menit dalam aliran waktu juga dapat mengungkapkan bukti fisika baru.