China Luncurkan Roket Long March 11 dari Laut, Sukses Bawa 5 Satelit ke Orbit

Minggu, 01 Mei 2022 - 07:52 WIB
loading...
China Luncurkan Roket Long March 11 dari Laut, Sukses Bawa 5 Satelit ke Orbit
China sukses meluncurkan roket Long March 11 dari platform atau pangkalan yang berada di laut, Sabtu 30 April 2022. Foto/Space.com/CASC
A A A
BEIJING - China sukses meluncurkan roket Long March 11 dari platform atau pangkalan yang berada di laut , Sabtu 30 April 2022. Roket berbahan bakar padat ini membawa 5 satelit pengindraan jarak jauh ke orbit.

Roket Long March 11 diluncurkan dari platform laut di Laut China Timur, setelah mengalami penundaan satu hari akibat cuaca buruk. Administrasi Luar Angkasa Nasional China tidak memberikan keterangan secara detail lokasi peluncuran dari platform laut ini.

“Situs peluncuran adalah yang terjauh dari pelabuhan kami. Misi ini akan mengumpulkan teknologi dan pengalaman untuk peluncuran laut kami di masa depan,” kata Zhang Ming, wakil kepala desainer Long March 11, kepada saluran berita CCTV pemerintah yang dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Minggu (1/5/2022).

Lima satelit yang diluncurkan oleh Long March 11 akan menyediakan layanan penginderaan jauh komersial untuk industri seperti sensus tanah, perencanaan kota, dan pemantauan bencana alam.



Peluncuran laut itu adalah peluncuran laut ketiga yang pernah dilakukan China. Sebelumnya pernah meluncurkan booster Long March 11 dari platform De Bo 3 sejak 2020.

Ini merupakan peluncuran roket kedua bagi China yang dilakukan dalam 2 hari terakhir. Administrasi Luar Angkasa Nasional China, pada Jumat 29 April 2022 meluncurkan dua satelit lain dari pelabuhan antariksa berbasis darat.
China Luncurkan Roket Long March 11 dari Laut, Sukses Bawa 5 Satelit ke Orbit


China meluncurkan roket Long March 2 C dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di darat untuk mengirimkan dua satelit penginderaan jauh Siwei 01 dan Siwei 02 ke orbit.



“Kedua satelit akan menyediakan layanan data penginderaan jauh komersial untuk industri dalam negeri termasuk sumber daya alam, survei dan pemetaan, perlindungan laut dan lingkungan, serta pasar negara berkembang seperti keamanan perkotaan dan pembangunan pedesaan digital,” laporan saluran berita CCTV milik pemerintah China. .

Selain peluncuran tradisional berbasis darat, China berencana untuk meluncurkan hingga tiga misi berbasis laut dengan Long March 11 pada tahun 2022.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)