Uniknya Isi Pesan NASA buat Alien, dari Gambar Manusia Telanjang hingga Ilustrasi Bumi

Sabtu, 07 Mei 2022 - 06:30 WIB
Pesan NASA untuk alien saat ini masuk dalam program Beacon in The Galaxy. Foto/IST
JAKARTA - Isi pesan NASA buat alien yang ada di luar angkasa ternyata banyak yang unik dan bikin geleng-geleng kepala. Pasalnya dalam pesan itu terdapat berbagai hal yang ternyata tidak pernah terpikir sebelumnya oleh banyak orang.

Yang pasti isi-isi pesan itu diharapkan mampu mensukseskan program Beacon in The Galaxy (BITG) gjuna mencuri perhatian alien untuk datang ke bumi. Diketahui BITG terungkap dalam sebuah catatan ilmiah yang ada di situs arXiv.org yang dibuat oleh Cornell University.

Dalam catatan itu, sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Jason Jiang mengaku telah mengembangkan sebuah pesan radio terbaru yang bisa dipahami oleh alien. Pesan itulah yang kemudian coba dikirimkan NASA agar mencuri perhatian alien.

Menariknya menurut Republic World, isi pesan di BITG justru sangat unik. Yuk, cermati apa saja isi pesan-pesan BITG itu:

1. Representasi Gambar Hidrogen dan DNA

NASA telah lama menggunakan representasi bergambar Hidrogen, elemen paling umum di alam semesta, dalam pesan biner mereka. Gambar-gambar itu dikirim untuk menggambarkan unit manusia melalui konstanta alam universal. Sementara struktur DNA dikirim agar alien bisa memahami apa yang membuat dan apa yang terdiri dari pengirim pesan.

2. Representasi Digital Manusia Telanjang Melambaikan Tangan

Para ilmuwan telah menggabungkan gambar struktur DNA dengan foto digital bentuk laki-laki dan perempuan. Pesan tersebut diperlihatkan keduanya tengah melambaikan tangan, agar tampak lebih ramah buat para alien. Selain itu diperlihatkan sebuah objek yang jatuh ke arah bawah untuk melambangkan gravitasi di Bumi.

3. Alamat Galaksi

NASA juga telah memasukkan alamat tata surya di pesan BITG. Foto digital memiliki matahari dan planet-planet tata surya kita berbaris dengan Bumi memiliki panah kecil untuk memberi tahu alien lokasi persis bumi.