Ini Rahasia Mengapa di Laut Dalam Banyak Ditemukan Binatang Berukuran Raksasa

Senin, 09 Mei 2022 - 09:16 WIB
loading...
A A A


Sebelum manusia bertemu dengan raksasa laut dalam, mereka menemukannya di dekat Kutub Selatan. Di dekat Antartika, gigantisme terjadi lebih dekat ke permukaan. Ada siput laut raksasa, bunga karang, cacing, laba-laba laut, dan bahkan organisme bersel satu raksasa yang membeku di air yang lebih dangkal.

“Mungkin ada sesuatu di Antartika yang memungkinkan [spesies raksasa] hidup lebih dekat ke permukaan. Ini terkait dengan pasokan oksigen di perairan dingin yang mengelilingi benua beku,” kata Art Woods, seorang ahli ekofisiologi yang telah mempelajari gigantisme kutub dan profesor di University of Montana di Missoula

Menurut Survei Geologi AS (USGS) perairan kutub memiliki konsentrasi oksigen tinggi. Tapi, hewan di lingkungan ini menggunakan oksigen dengan sangat lambat, karena suhu air dingin mengurangi tingkat metabolisme mereka.

Dengan suplai oksigen yang melimpah jauh melebihi kebutuhan, ini menghilangkan hambatan untuk tumbuh menjadi besar. “Lingkungan memungkinkan mereka untuk mengembangkan ukuran tubuh dan ukuran jaringan yang lebih besar tanpa menderita kekurangan oksigen,” katanya.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)