UEA dan India Jadi yang Pertama Mulai Menikmati Gerhana Matahari Cincin

Minggu, 21 Juni 2020 - 13:59 WIB
loading...
UEA dan India Jadi yang Pertama Mulai Menikmati Gerhana Matahari Cincin
Proses Gerhana Matahari Cincin yang pertama kali terpantau di UAE dimulai pukul 08.14 pagi waktu setempat. Foto/Gulf News
A A A
JAKARTA - Gerhana Matahari Cincin (GMC) sudah mulai menampakan wujudnya kepada warga dunia . Langit di beberapa negara di dunia sudah gelap karena fenomena alam ini. (Baca juga: Gerhana Matahari di Indonesia 37 Tahun Lalu Sangat Mencekam )

Uni Emirat Arab (UEA) menjadi salah satu negara pertama yang bisa melihat Gerhana Matahari Cincin. Di sana, GMC mulai teramati pada pukul 08.14 pagi waktu setempat dan mencapai puncaknya pada pukul 09.36 waktu setempat.

Selain di UEA, langit di India juga sudah mulai terjadi fenomena serupa. Bhuj menjadi kota pertama di India yang dapat memantau pergerakan Gerhana Matahari Cincin pada pukul 09.58 waktu setempat. Gerhana di India diperkirakan akan berlangsung selama 4 jam.

Selain di kedua negara itu, Gerhana Matahari Cincin juga teramati di sebagian besar negara di Asia, Afrika, Pasifik, Samudra Hindia, sebaian Eropa dan Australia.

Gerhana Matahari Cincin merupakan fenomena alam yang terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris. Dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)