Korea Utara Tumbang, Tinggal Dua Negara yang Belum Terpapar Covid-19

Minggu, 15 Mei 2022 - 07:00 WIB
loading...
Korea Utara Tumbang, Tinggal Dua Negara yang Belum Terpapar Covid-19
Covid-19 telah memapar banyak negara di dunia hingga kini. Cuma dua negara yang masih berstatus Covid Free. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Kasus Covid-19 yang terjadi di Korea Utara menyisakan dua negara yang hingga kini masih belum terpapar Covid-19. Hadirnya Covid-19 di negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un itu sekaligus membuktikan bahwa metoda isolasi total yang dilakukan Korea Selatan dalam mencegah penyebaran Covid-19 tidak manjut.

Kini dua negara yang belum terpar virus korona adalah Tuvalu dan Turkmenistan. Hal itu disebutkan DW berdasarkan laporan yang dikompilasi oleh John Hopkins University di Amerika Serikat.

Menurut DW, pada 10 Januari 2022 WHO merilis daftar 10 negara yang masih belum terpapar virus Covid-19. Diketahui 10 negara yang dirilis oleh WHO saat itu adalah Tuvalu, Turkmenistan, Korea Utara, Tokelau, Saint Helena, Pitcairn Islands, Niue, Nauru, Kiribati, dan Cook Islands. Hanya saja dalam waktu yang sangat singkat jumlah itu langsung berkurang banyak menyisakan dua negara, Tuvalu dan Turkmenistan.

Ketiadaan kasus Covid-19 di Tuvalu dan Turkmenistan memang menakjubkan. Pasalnya bahkan negara seketat Korea Utara masih bisa kena.

Baca juga : Makin Berat, Bawa Mobil Bentley Kini Harus Gunakan SIM Sopir Truk

Korea Utara Tumbang, Tinggal Dua Negara yang Belum Terpapar Covid-19


Situs BMJ menyebutkan ketiadaan kasus di Turkmenistan terjadi karena data kasus Covid-19 di negara muslim itu sangat rahasia. Pemerintah Turkmenistan sama sekali tidak pernah merilis informasi Covid-19.

"Tidak ada statistik yang bisa dipertanggung jawabkan di Turkmenistan, membuat para analis ada beberapa faktor kenapa hal itu dilakuan," tulis BMJ.

Faktor pertama adanya depopulasi yang sangat besar di Turkmenistan. Saat ini warga Turkmenistan justru banyajk yang pindah ke Rusia, Uzbekistan dan Turki untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Hal itu yang membuat Turkmenistan tidak pernah merilis informasi mengenai data kependudukan dan kasus Covid-19. "Sensus terakhir yang dilakuan di Turkmenistan terjadi pada 2012," jelas BMJ.

Meski demikian BMJ menyebutkan Turkmenistan adalah negara pertama di dunia yang mewajibkan vaksin Covid-19 sebagai kewajiban untuk semua masyarakat yang telah dewasa. Langkah itu diapresiasi mengingat adanya silang pendapat di antara warga mengenai mandatori vaksin Covid-19.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1171 seconds (10.177#12.26)