India dan Pakistan Dilanda Gelombang Cuaca Panas Terburuk hingga 51 Derajat Celcius

Kamis, 19 Mei 2022 - 09:50 WIB
loading...
India dan Pakistan Dilanda Gelombang Cuaca Panas Terburuk hingga 51 Derajat Celcius
Cuaca panas ektrem melanda India dan Pakistas hingga 51 derajat celcius. FOTO/ IST
A A A
NEW DELHI - Badan cuaca Inggris mendeteksi kemungkinan India barat laut dan Pakistan dilanda gelombang panas terburuk, lebih dari 100 kali cuaca panas normal karena perubahan iklim global.

Seperti dilansir dari BBC, wilayah ini sekarang mengharapkan gelombang panas dengan suhu lebih tinggi dari suhu tertinggi yang tercatat pada tahun 2010, terjadi pada interval tiga tahun.



Studi Departemen Meteorologi mengungkapkan bahwa tanpa perubahan iklim, suhu ekstrem seperti yang diperkirakan hanya terjadi setiap 312 tahun sekali.

Laporan itu dibuat ketika para ahli cuaca menginformasikan bahwa suhu di barat laut India berpotensi mencapai titik tertinggi baru dalam beberapa hari ke depan.

Gelombang panas menjelang musim hujan yang melanda kawasan itu selama beberapa pekan terakhir dilaporkan sedikit mereda sejak Pakistan mencatatkan suhu ekstrem 51 derajat Celcius pada Sabtu lalu.

Namun, suhu panas diperkirakan akan meningkat lagi akhir pekan ini, Unit Panduan Global Departemen Meteorologi memperingatkan.

Menurut dia, suhu maksimum diperkirakan mencapai 50 derajat Celcius di beberapa wilayah di wilayah tersebut.

“Gelombang panas selalu menjadi ciri cuaca sebelum musim hujan dimulai.

"Namun, penelitian kami menemukan bahwa kemungkinan gelombang panas untuk mencatat suhu tertinggi meningkat lebih dari 100 kali lipat," kata kepala penelitian, Dr. Nicos Christidis.

Hal ini didasarkan pada analisis g elombang panas yang melanda India barat laut dan Pakistan pada bulan April dan Mei 2010, ketika wilayah tersebut mencatat suhu rata-rata dua bulan tertinggi sejak 1900.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3840 seconds (0.1#10.140)