Black Box Pesawat China Eastern Berisikan Rekaman Kecelakaan Sengaja Dibuat?

Kamis, 19 Mei 2022 - 10:36 WIB
loading...
Black Box Pesawat China Eastern Berisikan Rekaman Kecelakaan Sengaja Dibuat?
Posisi ketika pesawat China Eastern Airlines jatuh. FOTO/ IST
A A A
BEIJING - Kecelakaan pesawat China Eastern , yang menewaskan 132 penumpang dan awak pada Maret lalu terus diselediki. Namun berdasarkan penelitian Black Box diyakini kecelakaan itu disengaja.

Mengutip laporan dari Wall Street Journal, tim penyelidik yang menangani penyelidikan kecelakaan pesawat, sedang memeriksa apakah insiden itu berasal dari tindakan yang disengaja di dek penerbangan.



Menurut dua orang yang diberi pengarahan tentang hal itu, karena sejauh ini tidak ada bukti kerusakan teknis.

Sebelumnya, Wall Street Journal mengutip orang-orang yang akrab dengan penilaian awal pejabat AS melaporkan data penerbangan dari kotak hitam Boeing 737-800 menunjukkan bahwa seseorang di kokpit sengaja menyebabkan pesawat itu jatuh.

Namun, produsen pesawat, Boeing Co dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) menolak berkomentar dan mengajukan pertanyaan kepada regulator China.

Pesawat MU5375 China Eastern yang sedang dalam penerbangan dari Kunming ke Guangzhou pada 21 Maret tiba-tiba jatuh dari ketinggian 29.000 kaki ke lereng gunung, menewaskan semua orang di dalamnya.

Kecelakaan itu digambarkan sebagai tragedi penerbangan paling mematikan di China dalam 28 tahun.

Menurut pihak berwenang, pilot tidak menjawab panggilan berulang kali dari pengontrol lalu lintas udara dan pesawat terdekat selama insiden tersebut.

Sebuah sumber mengatakan kepada penyelidik Reuters bahwa mereka sedang mencari tahu apakah kecelakaan itu adalah tindakan sukarela.

Pada bulan April, Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC) memberi tahu tim investigasi bahwa mereka tidak menemukan bukti 'insiden abnormal' berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Boeing.

CAAC mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa staf penerbangan mematuhi protokol keselamatan sebelum lepas landas dan bahwa pesawat tidak membawa barang berbahaya.

Padahal, CAAC menjelaskan, cuaca baik pada hari kejadian.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2060 seconds (0.1#10.140)