Kapal Selam Nuklir Terbaru China Terekam Satelit, Diyakini Mampu Luncurkan Rudal Jelajah

Jum'at, 20 Mei 2022 - 06:06 WIB
loading...
Kapal Selam Nuklir Terbaru China Terekam Satelit, Diyakini Mampu Luncurkan Rudal Jelajah
Gambar satelit menunjukkan kemungkinan kapal selam nuklir terbaru milik China di galangan kapal Huludao, China utara.Foto/ Planet Labs /c4isrnet
A A A
MELBOURNE - Foto satelit merekam penampakan kapal selam nuklir terbaru milik China sedang berada di galangan kapal di Huludao di provinsi Liaoning, China utara. Kapal selam nuklir dengan sistem propulsi siluman terbaru ini dilengkapi tabung peluncuran rudal jelajah.

Foto satelit kapal selam nuklir China ini yang diberikan kepada Defense News oleh Planet Labs, diambil pada 3 Mei 2022. Dalam foto tampak menunjukkan sebuah kapal selam di dok kering.

Kehadiran kapal tak dikenal ini pertama kali dicatat dalam citra satelit 29 April 2022 oleh badan intelijen geospasial AllSource Analysis. Organisasi itu mengatakan kapal selam itu mungkin kelas baru yang sedang dibangun oleh China.

Baca juga; China Ciptakan Robot Kapal Selam Berteknologi Super Canggih

Kapal selam itu memiliki dua motif warna hijau yang berbeda di lambungnya tepat di belakang menara pengawas. Sementara susunan kemudi berbentuk salib dan kemungkinan sistem propulsi terselubung terlihat.

Seorang ahli angkatan laut mengatakan kepada Defense News bahwa dia memiliki “keyakinan yang cukup tinggi” bahwa kapal selam itu mencakup deretan sel sistem peluncuran vertikal untuk rudal yang diluncurkan kapal selam dan selubung untuk propulsi pompa-jet. Bisa dikatakan ini kapal selam nuklir yang canggih.

Collin Koh dari Sekolah Studi Internasional S. Rajaratnam Singapura mengatakan kepada Defense News bahwa China telah melakukan penelitian terhadap propulsi pompa-jet kapal selam. “Memiliki kapal selam yang mampu meluncurkan rudal jelajah untuk misi serangan darat dan anti-kapal, cocok dengan kemampuan serangan ofensif jarak jauh China,” katanya dikutip SINDOnews dari laman c4isrnet, Jumat (20/5/2022).

Baca juga; China Bangun Kapal Selam Misterius, Bentuknya Aneh Tanpa Menara Pengawas

Dia menambahkan kapal selam nuklir China ini memiliki kemampuan untuk menargetkan aset Angkatan Laut AS dan target darat yang jauh, seperti di Guam, yang jadi markas pasukan Amerika Serikat. Apalagi dalam foto ada bagian persegi panjang di kapal selamyang diperkirakan satu set sel sistem peluncuran vertikal (VLS).

Tentu ini akan sejalan dengan laporan Pentagon tahun 2021 tentang kekuatan militer China bahwa negara itu kemungkinan sedang membangun “rudal berpemandu Tipe 093B” untuk kapal selam serang nuklir. Penampakan kapal selam baru itu muncul setelah model kapal selam serang bertenaga nuklir dengan papan nama China State Shipbuilding Corporation Limited.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2351 seconds (10.101#12.26)