Fosil Dinosaurus Naga Kematian Ditemukan di Argentina, Punya Lebar Sayap 9 Meter

Kamis, 26 Mei 2022 - 16:48 WIB
loading...
A A A
“Fosil [Thanatosdrakon] berada dalam kondisi pelestarian yang berbeda; beberapa di antaranya lengkap, seperti humeri [tulang lengan besar], sinkarpal [tulang kaki menyatu] dan vertebra punggung,” katanya.
Fosil Dinosaurus Naga Kematian Ditemukan di Argentina, Punya Lebar Sayap 9 Meter

Thanatosdrakon merupakan Pterosaurus raksasa yang dijuluki naga kematian, merupakan reptil terbang yang hidup bersama dinosaurus selama periode Kapur. Foto/Leonardo D. Ortiz David/LiveScience

Ortiz David mengatakan bahwa penemuan fosil dalam kondisi yang begitu baik oleh tim sangat mengejutkan, karena tulang pterosaurus rapuh, dan fosil biasanya ditemukan dalam potongan-potongan kecil.

“Deskripsi spesimen baru selalu penting untuk paleontologi vertebrata, karena mereka menjelaskan kelompok berbeda yang sedang dipelajari. Dalam kasus khusus ini, elemen 3D pterosaurus besar langka, menjadikan Thanatosdrakon sebagai studi kasus yang sangat baik,” kata Ortiz.

Fosil-fosil tersebut saat ini disimpan di Laboratorium dan Museum Dinosaurus di Universitas Nasional Cuyo di Mendoza. Untuk membantu melestarikan spesimen, para ahli di museum membuat cetakan fosil yang berbeda pada skala 1:1.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)