3 Sperma Hewan Termahal di Dunia, Harganya Tembus Miliaran Rupiah

Kamis, 26 Mei 2022 - 19:05 WIB
loading...
3 Sperma Hewan Termahal di Dunia, Harganya Tembus Miliaran Rupiah
Sperma hewan termahal di dunia dibutuhkan untuk menciptakan ras hewan unggulan. Foto: ist
JAKARTA - Sperma hewan ternyata bisa dihargai dengan fantastis. Mungkin kita bertanya-tanya, apa sebenarnya fungsi dan keuntungan memperjualbelikan sperma hewan untuk manusia?

Ternyata hewan-hewan yang diperjual belikan spermanya ini memiliki keunggulan tersendiri. Sebab, cairan yang berfungsi sebagai alat reproduksi pada hewan ini ternyata bisa menjadi sumber cuan bagi manusia. Tujuannya, untuk mendapatkan bibit yang unggul. Nah, inilah 3 hewan dengan sperma termahal di dunia :

1. Sperma Kuda
3 Sperma Hewan Termahal di Dunia, Harganya Tembus Miliaran Rupiah

Kejuaraan pacuan kuda di Amerika Serikat merupakan salah satu perlombaan yang populer. Kuda yang menjadi pemenang dalam pacuan kuda ini biasanya diincar spermanya untuk menghasilkan keturunan kuda terbaik. Nantinya akan diikutsertakan dalam kompetisi.

Pada 2015, ada kuda jantan pemenang lomba dengan gelar Triple Crown yang membuat para pemilik kuda betina harus membayar sebesar USD200.000 (Rp2,8 miliar) jika ingin mengawinkan hewan mereka dengan kuda yang bernama American Pharoah itu.



Sperma kuda berkualitas tinggi biasanya dibekukan dalam tabung kecil dan disimpan hingga ada yang membutuhkan. Satu tabung berisi sperma kuda peraih medali emas akan dihargai USD1.200 (Rp 17 juta) sedangkan harga satu galon bisa mencapai USD4,7 juta (Rp 66 miliar).

2. Sperma Banteng
3 Sperma Hewan Termahal di Dunia, Harganya Tembus Miliaran Rupiah

Banteng yang memiliki bobot 450 kg dan tinggi 1,72 meter ini bernama Yuvraj yang berasal dari India. Banteng ini terkenal dengan kualitasnya yang bagus dan bersih. Hewan ini juga pernah memenangkan kontes ternak yang disponsori oleh negara.

Harga sperma banteng ini bisa mencapai 350 rupee (Rp71 ribu) untuk setiap dosisnya. Sedangkan Yuvraj dapat mengeluarkan sperma sebanyak 500 sampai 600 dosis. Sehingga pemiliknya bisa mendapat uang sekitar Rp43 juta.

Karena banyak menghasilkan uang, Yuvraj banyak diminati oleh orang orang. Seorang pengusaha Hyderabad sempat menawar banteng itu seharga 70 juta rupee (Rp14,4 miliar) namun tawaran itu ditolak.

BACA JUGA: Begini Cara S Pen di Galaxy S22 Ultra 5G Dipakai Bikin Artwork yang Mumpuni

3. Sperma Kerbau
3 Sperma Hewan Termahal di Dunia, Harganya Tembus Miliaran Rupiah

Sperma hewan termahal kembali datang dari India. Kali ini kerbau bernama Bheem, kerbau ini muncul di pameran peliharaan di kota Jodhpur pada 2021 lalu. Kerbau ini memiliki kondisi fisik yang luar biasa. dengan berat 1.500 kg dan tinggi hampir mencapai 5 meter ini tentunya mengejutkan pameran tersebut. Karena kerbau biasanya hanya mempunyai tinggi 2 meter bahkan kurang.



Bheem sendiri dihargai 210 juta rupee atau sekitar Rp4 miliar. Namun pemiliknya lebih memilih menjual spermanya saja, harga untuk sperma kerbau ini sendiri adalah 500 rupee (Rp95 ribu) untuk 0,25 mililiter. Sementara setahun Bheem bisa menjual 10.000 unit dan masing masing berisi 4 hingga 5 ml sperma.
(dan)
KOMENTAR ANDA