Pertama Kali Elon Musk Pamerkan Bentuk Asli Roket Falcon 9 SpaceX setelah Mendarat di Cape Canaveral

Kamis, 26 Mei 2022 - 20:42 WIB
loading...
Pertama Kali Elon Musk Pamerkan Bentuk Asli Roket Falcon 9 SpaceX setelah Mendarat di Cape Canaveral
CEO SpaceX Elon Musk membagikan gambar yang luar biasa roket Falcon 9 SpaceX untuk menunjukkan ukuran aslinya. Foto/Inverse
A A A
FLORIDA - CEO SpaceX Elon Musk membagikan gambar yang luar biasa roket Falcon 9 SpaceX untuk menunjukkan ukuran aslinya. Foto tersebut menunjukkan pendorong Falcon 9 tak lama setelah mendarat di Cape Canaveral, Florida, pada akhir peluncuran pada Rabu 25 Mei 2022.

Dikutip dari laman digitaltrends, SpaceX sebenarnya telah berhasil mendaratkan booster tahap pertama ini selama beberapa tahun. Banyak rekaman online yang menunjukkan roket Falcon 9 mendarat di berbagai pangkalan di darat atau berbasis di laut.

Beberapa orang mungkin sudah tahu bahwa roket tahap pertama ini yang mampu mendarat vertikal berukuran sekitar 50 meter. Namun, sebagian besar belum mengetahuinya dan dari foto yang dibagikan Elon Musk ini memberi gambaran paling jelas tentang ukuran sebenarnya dari roket Falcon 9.

Baca juga; Roket Falcon 9 Andalan SpaceX; Luncurkan Satelit, Kargo, dan Astronot Sekaligus

Tentu ini pekerjaan luar biasa untuk mendaratkan booster roket secara vertikal agar bisa digunakan kembali untuk peluncuran berikutnya. “Mendarat kembali di cape canaveral (untuk skala manusia),” cuit Elon Musk melalui akun twitter @elonmusk pada 26 Mei 2022.

Penggunaan kembali booster untuk peluncuran selanjutnya memungkinkan menghemat sejumlah besar biaya dan memungkinkan frekuensi peluncuran yang lebih banyak.Pada misi peluncuran Rabu 25 Mei 2022, yang disebut Transporter-5, adalah peluncuran dan pendaratan kedelapan untuk booster Falcon 9.
Pertama Kali Elon Musk Pamerkan Bentuk Asli Roket Falcon 9 SpaceX setelah Mendarat di Cape Canaveral


Penerbangan Transporter-5 adalah bagian dari program rideshare SmallSat khusus SpaceX dan membawa 59 satelit kecil ke orbit untuk berbagai pelanggan. Ini adalah misi rideshare kelima yang dilakukan SpaceX untuk pertama kalinya pada Juni 2020.

Baca juga; Berhasil Kembali ke Bumi, Apakah Pesawat Luar Angkasa Starliner Boeing Diizinkan Menerbangkan Astronot?

SpaceX juga membagikan rekaman booster yang mendarat di Cape Canaveral pada akhir penerbangan Rabu, yang menandai peluncuran dan pendaratan ke-22 perusahaan tahun ini. Misi sebelumnya telah membawa astronot Crew-1 dan Crew-2 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada tahun 2020 dan 2021.

“Tahap pertama Falcon 9 telah mendarat di Zona Pendaratan 1 – peluncuran ke-22 SpaceX dan pendaratan 2022!” tulis SpaceX melalui akun twitter @SpaceX pada 25 Mei 2022.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1171 seconds (10.101#12.26)