Roket Falcon 9 Andalan SpaceX; Luncurkan Satelit, Kargo, dan Astronot Sekaligus

Rabu, 27 April 2022 - 21:09 WIB
loading...
Roket Falcon 9 Andalan SpaceX; Luncurkan Satelit, Kargo, dan Astronot Sekaligus
SpaceX secara teratur meluncurkan roket Falcon 9 untuk membawa pesawat ruang angkasa Dragon ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).Foto/Space.com/SpaceX
A A A
FLORIDA - SpaceX secara teratur meluncurkan roket Falcon 9 untuk membawa pesawat ruang angkasa Dragon ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Roket Falcon 9 adalah kendaraan yang mampu membawa satelit, pesawat kargo, dan kru (astronot) Dragon ke orbit.

Roket Falcon 9 dibangun sebagai sistem yang dapat digunakan kembali, sejalan dengan keinginan pendiri SpaceX, Elon Musk, untuk menurunkan biaya penerbangan ke luar angkasa. Setelah peluncuran roket tahap pertama turun di darat atau di kapal drone di dekat landasan peluncuran.

Falcon 9 adalah roket dua tahap, diketahui pada tahap pertama memiliki sembilan mesin Merlin dan tangki paduan aluminium-litium yang mengandung oksigen cair dan propelan minyak tanah tingkat roket (RP-1).

Sedangkan tahap kedua, hanya menggunakan mesin Merlin tunggal, versi yang sedikit lebih pendek dari tangki tahap pertama. Ini terhubung ke tahap pertama Falcon 9 melalui "interstage", yang terbuat dari komposit inti aluminium serat karbon.



Versi selanjutnya dari Falcon 9 menyertakan sirip kisi yang keluar dari tahap pertama setelah pemisahan, untuk memandu roket ke pendaratan lunak. Kaki muncul dari roket beberapa saat sebelum mendarat, baik di kapal drone atau landasan pendaratan yang kokoh.
Roket Falcon 9 Andalan SpaceX; Luncurkan Satelit, Kargo, dan Astronot Sekaligus


Sejak 2020, SpaceX menggunakan Falcon 9 untuk misi berawak ke ISS, atas nama NASA dan pelanggan lainnya. Falcon 9 telah menyelesaikan banyak misi dengan sukses, termasuk sebagai roket pendorong pilihan untuk armada Starlink SpaceX, seperangkat satelit broadband untuk memberikan layanan Internet ke daerah-daerah terpencil.

Falcon 9 juga mengirimkan kargo dan manusia ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Falcon 9 menerbangkan pesawat ruang angkasa kargo Dragon untuk pengiriman eksperimen, persediaan, dan perangkat keras reguler ke kompleks yang mengorbit.



Sejak 2020, Falcon 9 telah mengirim misi Kru Dragon NASA dan mulai mengirim misi berawak atas nama Axiom Space yang berbasis di Houston pada tahun 2022, yang melakukan penelitian di ISS. Dragon melakukan kunjungan pesawat ruang angkasa pribadi pertama pada Oktober 2012 dan telah menjalankan lebih dari 25 misi kargo di tahun-tahun berikutnya.
Roket Falcon 9 Andalan SpaceX; Luncurkan Satelit, Kargo, dan Astronot Sekaligus
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3608 seconds (0.1#10.140)