Asteroid Ukuran 4 Kali Empire State Melintas Bumi Jam 8 Malam Ini, Tonton Langsung di Sini

Jum'at, 27 Mei 2022 - 15:47 WIB
Asteroid 7335 (1989 JA) baru akan kembali melintas bumi lagi pada 23 Juni 2055. Jadi jangan sia-siakan kesempatan melihat langsung malam ini. Foto/IST
JAKARTA - Asteroid yang ukurannya sebesar 4 kali gedung Empire State Building akan melintasi bumi malam Jumat (27/5/2022) ini. Mau lihat langsung?

Tidak perlu khawatir pasalnya kanal YouTube The Virtual Telescope Project akan menyiarkan secara langsung momen istimewa itu. Anda tinggal mengunjungi kanal tersebut yang akan dimulai secara langsung pada jam 20.00 WIB malam ini.

Kanal YouTube The Virtual Telescope Project diketahui merupakan kanal yang sangat fokus pada fenomena-fenomena menarik yang terjadi di luar angkasa. Mereka selalu menayangkan secara langsung berbagai hal menarik mulai dari gerhana bulan yang terjadi pada 16 Mei 2022 lalu hingga pergerakan bintang-bintang di luar angkasa.

Tentu saja malam ini asteroid yang diberi nama 7335 (1989 JA) akan jadi yang paling istimewa. Pasalnya dari segi ukuran, asteroid itu memang sangat luar biasa yakni empat kali gedung Empire State Building. Diketahui tinggi gedung yang ada di New York, Amerika Serikat itu mencapai 381 meter.

CNET menyebutkan kesempatan melihat langsung asteroid itu memang jadi momen yang langka. Pasalnya asteroid itu akan kembali melintasi bumi pada 23 Juni 2055. Selain itu jarak lintasan juga jadi lebih jauh dibanding yang akan terjadi malam ini.

Saat ini semua kalkulasi disebutkan Live Science menyebutkan tidak adanya potensi tabrakan dengan bumi. Hanya saja NASA tetap memasukkan asteroid itu dalam kategori berpotensi mengganggu mengingat ukurannya yang sangat besar.

Apalagi menurut NASA kecepatan asteroid itu juga tidak bisa dianggap enteng yakni mencapai 76.000 kilometer per jam. Bisa dikatakan lebih cepat 20 kali dari kecepatan peluru yang ditembakkan dari senapan.

Potensi adanya perubahan orbit memang bisa saja terjadi karena beberapa faktor. Jadi asteroid 7335 (1989 JA) tetap dianggap sebagai potensial berbahaya buat NASA.

Saat ini NASA memang terus meningkatkan pengamatan terhadap benda-benda angkasa yang dekat dengan bumi. Mereka berupaya mengantisipasi adanya potensi tabrakan antara bumi dengan benda-benda angkasa itu. Salah satu upaya yang mereka lakukan adalah menembakkan roket ke asteroid yang berpotensi tabrakan dengan bumi.